Dolan Negeri Dongeng Lengkapi Paket Wisata Sinau Sragen Keren

Tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren dikenalkan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bumi Sukowati.

 Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

Solopos.com SRAGEN — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen mengenalkan tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bumi Sukowati. Dispora siap berkolaborasi dengan semua pihak untuk mempromosikan objek wisata di Sragen.

Dari tiga paket wisata itu, masing-masing terdapat kunjungan wisata ke Negeri Dongeng. Kawasan wisata Negeri Dongeng yang dimaksud meliputi Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar dan Warung Apung di Waduk Kedung Ombo (WKO). Kawasan wisata ini erat kaitannya dengan cerita rakyat semacam dongeng yang berkembang di masyarakat setempat secara turun temurun.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kepala Dispora Sragen, Yuniarti, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (7/10/2022), menerangkan paket Sinau Wisata Sragen Keren itu merupakan paket wisata yang mengandung unsur heritage (sejarah), ecotourism (ekowisata agro), batik, agriculture (pertanian), dan tourist atraction (atraksi seni budaya) yang disingkat HEBAT. Semua potensi HEBAT tersebut, kata Yuni, ada di Kabupaten Sragen.

“Paket ini dapat dipilih sekolah-sekolah saat outing class di wilayah Kabupaten Sragen atau pun sekolah-sekolah di luar Kabupaten Sragen. Kami membaginya dalam tiga paket wisata, yakni paket A, B, dan C dengan tujuan wisata berbeda-beda dan merupakan paket wisata satu hari (full day tour),” ujar Yuni.

Dia menerangkan paket wisata itu sudah dipaparkan ke Bupati dengan tujuan mengenalkan objek-objek wisata ke para generasi muda, terutama pelajar. Dispora membuat paket itu hanya sebagai informasi, sementara eksekusinya diserahkan kepada masing-masing biro perjalanan wisata. Dia mengakui banyak yang tertarik untuk menjajal paket wisata ini. Ada SMPN 5 Sragen dan SMP di Sambirejo sudah menjajal paket wisata itu.

Baca Juga: Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

“Dalam paket wisata itu ada unsur HEBAT yang diunggulkan. Jadi pengunjung ikut terlibat dalam atraksi wisatanya. Kami terinspirasi di Bandung yang melibatkan pengunjung bermain angklung. Di Sragen itu ada di nDayu Park yang mengenalkan gamelan dan pengunjung bisa praktik menabuh gamelan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dia mengatakan tren kunjungan wisata di Sragen cenderung naik. Dispora berkolaborasi dengan pihak mana pun untuk menggencarkan promosi wisata. Termasuk adanya kegiatan Sukowati Wisata Motor Rally 2022 itu, kata dia, juga didukung Dispora. Dia berharap para peserta kegiatan itu bisa memotret atau membuat video di tempat wisata dan mengunggahnya ke media sosial. Hal itu menjadi salah satu promosi wisata di Sragen.

“Untuk promosi kami juga bergabung dalam forum Soloraya. Di forum itu, kami bisa sharing-sharing dengan pelaku pariwisata di Soloraya. Selain itu, kami juga berkerjasama dengan Badan Otorita Borobudur untuk pengenalan objek wisata. Bahkan para pegawai di Dispora pun mengenalkan objek wisata lewat akun media sosial masing-masiang,” katanya.

Baca Juga: Guru dan Seniman Sragen bakal Perkenalkan Eksotis Kemukus di Javanologi UNS

Berikut daftar paket wisata yang bisa ditawarkan para biro perjalanan wisata.

Daftar Paket Wisata di Kabupaten Sragen

  1. Paket Sinau Wisata Sragen A (Full Day Tour)
  • Wisata Belajar Membatik (Kliwonan/ Pilang/ Pungsari)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Ngebung Klaster Bukuran Klaster Krikilan)
  • Kawasan Wisata Negeri Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung. Makam Apung. Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Sinau Wisata Sragen B (Full Day Tour)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Bernyanyi (ndayu Park & Kampung Sukorejo Menari)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Krikilan/Klaster Ngebung/Klaster Bukuran)
  • Kawasan Wisata Negeri Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Sinau Wisata Sragen C (Full Day Tour)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Krikilan / Klaster Ngebung/Klaster Bukuran)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Bernyanyi (ndayu Park & Kampung Sukorejo Menari)
  • Kawasan Wisata Bayanan (Air Panas Bayanan Air Panas Ngunut, Desa Wisata Betis Rejo)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB

Sumber: Dispora Sragen (trh)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kembangkuning dan Manggis Jadi Daerah Rawan I Pilkades Serentak Boyolali 2022

      Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, mengungkapkan Polres Boyolali telah membagi tingkat kerawanan masing-masing desa dalam Pilkades Serentak 2022.

      Digelar Besok, Ini Kisi-Kisi Ujian CAT PPK di Boyolali

      Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menyampaikan ada beberapa pengetahuan yang wajib diketahui sebagai calon petugas PPK seperti pengetahuan terkait kepemiluan dan pilkada, partai, dan wawasan kebangsaan.

      Gibran Ungkap Alasan Ubah Jl Diponegoro Solo Jadi Jl Ngarsapura: Untuk Branding

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut alasan munculnya wacana mengubah Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura untuk kepentingan branding wisata.

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.