Disperkimtaru Sragen Inisiasi Sipertarung Untuk Percepatan Investasi

Sistem Informasi Perizinan Tata Ruang (Sipetarung) diharapkan mampu mengakselerasi proses rekomendasi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) maksimal 20 hari kerja yang selama ini tak terpenuhi.

 Para pegawai dan stakeholders berdiskusi tentang pengembangan aplikasi Sipetarung di Aula Disperkimtaru Sragen, Senin (26/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para pegawai dan stakeholders berdiskusi tentang pengembangan aplikasi Sipetarung di Aula Disperkimtaru Sragen, Senin (26/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Untuk memaksimalkan pelayanan kepada para investor yang ingin masuk, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Pertanahan dan Tata Ruang (Disperkimtaru) Sragen menginisiasi adanya Sistem Informasi Perizinan Tata Ruang (Sipetarung).

Ini adalah sistem perizinan berbasis online yang ditargetkan mampu mengakselerasi proses rekomendasi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) maksimal 20 hari kerja.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sistem berbasis website rencana akan diluncurkan pada Oktober mendatang. Dalam diskusi pengembangan Sipetarung, Senin (26/9/2022), Disperkimtaru mendatangkan stakeholders terkait dan perwakilan tokoh masyarakat untuk memberikan masukan, saran, dan pendapatan.

Kepala Disperkimtaru Sragen, Aris Wahyudi, menerangkan Sipetarung tidak hanya berdiri di Disperkimtaru. Tetapi juga bisa terintegrasi dengan sistem perizinan online single submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen. Harapannya Sipetarung juga terhubung dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) serta Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Baca Juga: 2 Desa di Sambungmacan Sragen Dilirik Investor Taiwan, Ini Daya Tariknya

Kabid Pertanahan dan Tata Ruang Disperkimtaru Sragen, Yunika Purwaningrum, menambahkan berdasarkan prosedur operasi standar (SOP), penerbitan KKPR itu dilakukan maksimal 20 hari. Tetapi selama ini target tersebut belum mampu terpenuhi. Dengan Sipetarung ini, Yunika berharap target pelayanan KKPR 20 hari kerja itu bisa terpenuhi.

“Dari aplikasi Si Pioner yang dimiliki DPMPTSP per 28 Agustus 2022, terdapat 128 permohonan tetapi baru tertangani sebanyak 83,3%. Padahal di rencana strategisnya harus mencapai 100%,” ungkapnya.

Persoalan yang ada selama ini terjadi pada mekanisme. Ia menilai Sipetarung ini menjadi jawaban untuk mempercepat mekanisme terutama untuk mendapatkan rekomendasi dari Forum Penataan Ruang (FPR). FPR terdiri dari unsur masyarakat, anggota Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia, Ikatan Ahli Perencana Indonesia, yang sebagian besar bukan orang Sragen.

Dalam aplikasi Sipetarung itu, kata dia, terpadat fitur pelayanan untuk rapat virtual bagi FPR yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda). Dari para anggota FPR itu nanti, kata dia, bisa langsung memberikan pendapat tertulis sebagai pertimbangan yang nantinya diputuskan secara musyawarah mufakat oleh Ketua FPR yang juga Sekda Sragen.

Baca Juga: Harga Tanah di Sragen Melambung Tinggi Bikin 3 Investor Mundur

Dia menyebutkan fitur-fitur dalam Sipetarung di antaranya diskusi virtural anggota FPR, pengaduan masyarakat, peta rencana tata ruang wilayah (RTRW), input permohonan rekomendasi KKPR, input permohonan surat keterangan pemanfaatan ruang, dan seterusnya.

Dia menjelaskan selama data lengkap maka proses rekomendasi FPR itu bisa selesai dalam 10 hari. Dia mengatakan kelengkapan dokumen pemohon itu semakin mempercepat proses pelayanan.

“Disperkimtaru dengan DPMPTSP itu melakukan rekonsiliasi itu dua kali dalam sebulan. Kuncinya sebenarnya keaktifan masyarakat dalam pelayanan perizinan secara online. Semua komentar disampaikan secara online. Sebelumnya dilakukan secara manual,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022, Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda simak di sini.