SOLOPOS.COM - Ilustrasi cabai rawit. (JIBI/Solopos/Dok.)

Harga cabai rawit merah di Magetan kian mahal.

Madiunpos.com, MAGETAN — Pasokan cabai rawit merah yang minim di pasaran dinilai memicu naiknya harga komoditas itu di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan Rahmad Edy pekan lalu harga cabai rawit merah di Pasar Sayur Magetan masih Ro100.000 per kilogram.

“Sekarang harga cabai rawit merah terus naik hingga mencapai Rp110.000 per kilogram,” ujar Rahmad Edy kepada wartawan di Magetan, Senin (6/2/2017).

Dia menilai mahalnya harga cabai tersebut dipicu oleh selisih stok dan permintaan yang cukup jauh. Petani cabai tidak memiliki banyak persediaan akibat gagal panen karena faktor cuaca.

Di sisi lain, kebutuhan masyarakat terhadap komoditas itu tidak pernah turun. “Sehingga, pasokan tidak seimbang dengan permintaan pasar yang cukup tinggi. Hal itu yang membuat harganya melambung tinggi,” jelasnya.

Disinggung soal operasi pasar, pihaknya menyebut bukan kewenangan disperindag. Upaya untuk meredam gejolak harga tersebut menjadi kewenangan Bulog.

“Yang bisa kami lakukan sejauh ini hanya koordinasi dengan disperindag provinsi dan melakukan pemantauan harga di pasaran,” terangnya.

Ia memberikan solusi, untuk mengantisipasi mahalnya harga bisa dilakukan dengan beralih ke cabai kering. Hasil pantauan, jika harga cabai rawit merah segar mencapai Rp110.000 per kilogram, cabai rawit kering hanya Rp60.000 per kilogram.

Selain itu, Rahmad mengimbau warga untuk menanam tanaman cabai di halaman rumah. Hal itu sebagai solusi alternatif untuk mencukupi kebutuhan harian rumah tangga.

Sementara, harga jenis cabai lain sejak pertengahan Januari lalu cenderung stabil. Terpantau, cabai merah besar di kisaran Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram, cabai keriting Rp35.000 per kilogram, cabai hijau besar Rp18.000 per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp65.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya