SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah memastikan stok kebutuhan bahan pokok mencukupi untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2019.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah (Jateng) Arif Sambodo mengatakan ketersediaan bahan pangan di provinsi tersebut seperti beras, minyak goreng, telur, dan daging masih aman. Bahkan, khusus beras, masih cukup hingga satu tahun ke depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk produk yang dikelola pemerintah tersebut jaminan bahan pangan paling tidak untuk 3 bulan aman. Beras justru 1 tahun kita ada,” ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Arif mengklaim harga kebutuhan pokok tersebut juga tidak mengalami kenaikan signifikan. Harga cabai yang biasanya naik pun kini cenderung normal. Meski demikian, saat ini, kenaikan harga bawang putih masih diwaspadai karena produksinya belum bisa dipenuhi di dalam negeri atau masih impor seutuhnya.

“Sementara ini, bahan pokok yang agak diwaspadai bawang putih karena impor. Tetapi, sekarang sudah kembali normal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng Agus Wariyanto menambahkan ketersediaan pangan masih terpenuhi karena ada beberapa komoditas yang surplus, seperti beras. Produksi ternak pun masih aman, salah satunya kambing. “Sebagai contoh, komoditas telur masih aman karena Jateng punya daerah penghasilnya. Secara data, sekitar 20 persen produksi telur Jateng berasal dari Kabupaten Kendal,” ucapnya.

Sedangkan Sekretaris Komisi B DPRD Jateng Messy Widiastuti turut mengapresiasi peran Disperindag dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng yang sudah bekerja maksimal untuk menjaga stok dan harga tetap stabil. Dia mengakui memang masih ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Namun, kenaikannya tidak terlalu signifikan dan masih terjangkau masyarakat.

“Soal daya beli, saat ini masih cukup baik, meski harga ayam dan telur sempat mengalami kenaikan,” tutur Messy.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya