Disperindag Jateng Jamin Kebutuhan Pokok Terjamin Jelang Ramadan
Pedagang merapikan beras dagangannya di Pasar Raya, Salatiga, Jawa Tengah. (Antara)

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah memastikan stok kebutuhan pokok aman terkendali menjelang datangnya bulan suci Ramadan kala umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Kepala Disperindag Jateng, Arif Sambodo, mengatakan sampai saat ini harga bahan kebutuhan pokok juga terpantau stabil dan terkendali. Dengan demikian, simpulnya, masyarakat Jateng tidak perlu risau adanya kelangkaan bahan pangan karena stok yang mencukupi.

"Stok sekarang posisi aman. Kami di TPID [Tim Pengendali Inflasi Daerah] bersama satgas siap 24 jam memantau harga dalam rangka pengendalian," kata Arif, Senin (29/4/2019).

Dia mengatakan, setelah pelaksanaan Pemilu 2019 maupun sebelum pelaksanaannya, tidak ada gejolak harga yang terlalu signifikan. Meski demikian, kata dia, memang ada satu dua bahan pokok seperti bawang putih yang terjadi kenaikan harga. 

"Kita sudah kerjasama untuk menguras habis gudang-gudang penyimpanan untuk melakukan operasi pasar agar harga bawang putih tidak terlalu fluktuatif. Sebelumnya harga bawang putih yang Rp53.000 sekarang sudah turun menjadi Rp50.600," ucapnya. 

Disebutnya, dalam waktu dekat pemerintah juga akan mendatangkan sebanyak 100.000 ton hingga 115.000 ton bawang putih untuk memastikan ramadhan dan lebaran berjalan lancar. 

"Nanti akan datang di tingkat pusat 100.000 ton hingga 115.000 ton bawang putih dalam rangka persiapan Ramadhan dan lebaran ini," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom