Tutup Iklan

Disperindag dan Dinkop UMKM Sragen Digabung, Bupati Yuni: Tak Ada Demosi!

Pemkab Sragen sudah mulai menyiapkan penataan kepegawaian sebagai bagian dari persiapan penggabungan dua dinas menjadi satu tersebut.

 Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati  (Espos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen segera menggabung Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi satu organisasi perangkat daerah (OPD).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati sudah mengajukan revisi Perda No. 5/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah ke DPRD Sragen pada Selasa (14/9/2021). Penggabungan dua dinas menjadi satu itu tinggal menunggu revisi perda digedok oleh DPRD Sragen.

Kepala Disperindag Sragen, Tedi Rosanto, mengatakan rencana penggabungan Disperindag dan Dinkop UMKM merupakan hasil kajian beban kerja yang dilakukan Bagian Organisasi Setda Sragen tiga tahun lalu.

“Kenapa Disperindag dan Dinkop UMKM harus dijadikan satu, kajiannya ada di Bagian Organisasi,” ucap Tedi kepada Solopos.com, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Atap Ruang Kelas SD Inpres di Patihan Sragen Ambruk, Ini Langkah Disdikbud

Saat ini, Pemkab Sragen sudah mulai menyiapkan penataan kepegawaian sebagai bagian dari persiapan penggabungan dua dinas menjadi satu tersebut. Bupati Yuni menyebut penggabungan dua dinas menjadi satu itu sudah sesuai petunjuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Sama Pak Menteri PAN dan RB, kita diminta lebih efektif dan efisien. Kita diminta melihat SOTK [susunan organisasi dan tata kerja] di masing-masing daerah. Kira-kira apa yang bisa digabung, ya digabung,” terang Bupati Sragen.

Jabatan Fungsional Diperbanyak

Bupati menjamin tidak akan ada penurunan jabatan atau demosi sebagai dampak penggabungan dua dinas menjadi satu tersebut. Dia memastikan pejabat struktural yang ada pada saat ini akan tetap mendapat jabatan dengan eselon yang sama di dinas lain atau dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

“Tidak ada penurunan jabatan atau demosi, diharapkan mutasi atau promosi,” tegasnya.

Baca juga: Nekat Tenan! Warung Hik di Sragen Ini Jual Obat Berbahaya, Lokasinya Bikin Geleng-Geleng

Bupati menegaskan ke depan jabatan fungsional akan lebih diperbanyak daripada jabatan struktural. Dia mencontohkan di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen ke depan hanya akan diisi oleh kepala dinas dan seorang sekretaris.

Tidak ada lagi jabatan struktural di bawah sekretaris, kecuali jabatan fungsional. “Nanti para kabid tidak ada. Itu yang harus kami tata supaya teman-teman yang duduki jabatan struktural tidak didemosi. Harus diatur sedemikian rupa,” paparnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.

Keren, Desain Jembatan Unik Karya Mahasiswa UNS Solo Diwujudkan di Pati

Desain jembatan unik bikinan mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo dipakai untuk membangun jembatan di wilayah Kabupaten Pati.

Wonogiri Minta Perantau Tidak Mudik saat Libur Nataru

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menjelaskan sudah mengimbau para perantau melalui pengurus paguyuban perantau supaya tetap berada di wilayah masing-masing selama Nataru.