SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MAGETAN — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukpencapil) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, telah melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP/KTP-e) secara berkeliling sesuai surat resmi dari kecamatan.

Meski demikian, masih ada sekitar 11.000 orang di Magetan belum melakukan perekaman untuk pembuatan e-KTP

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Seksi Identitas Penduduk Dispendukpencapil Kabupaten Magetan Singgih Indrayana di Magetan, Kamis (27/12/2018), menjelaskan dari 11.000 itu ada yang sudah meninggal, memiliki data kependudukan ganda, atau menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

“Tapi ternyata ada yang ganda [data kependudukannya], warga sudah meninggal tapi tidak dilaporkan ke Dispendukpencapil. Untuk itu, kami akan melakukan perekaman dengan cara menyisir pemilih pemula, terutama anak-anak sekolah seperti hari ini,” katanya ditemui saat perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yosonegoro.

Singgih Indrayana menyebutkan jumlah penduduk Kabupaten Magetan sebanyak 691.423 orang. Dari jumlah tersebut yang wajib memiliki KTP sebanyak 550.829 orang.

“Dari jumlah wajib KTP 550.829 orang tersebut, yang sudah melakukan perekaman 563.011 orang, sedangkan jumlah total KTP yang sudah tercetak sebanyak 610.981 dan belum cetak 47.970 keping,” ujarnya.

Dikatakan Singgih, hingga saat ini jumlah pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP elektronik sebanyak 1.460 orang.

“Jumlah 1.460 orang itu terhitung per November lalu. Kemungkinan sekarang sudah bertambah lagi,” ucapnya.

Dispendukpencapil Magetan, lanjutnya, telah berupaya untuk melakukan perekaman dengan cara jemput bola.

“Perekaman jemput bola kita prioritaskan bagi pemilih pemula dan orang jompo. Sedangkan bagi yang usia di atas 23 tahun wajib melakukan rekaman di kecamatan, jadi bukan termasuk yang kita datangi,” ujarnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya