SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun, Jawa Timur, mengecek data kependudukan seluruh warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP/Lapas) Kelas 1 Madiun.

“Pengecekan dilakukan untuk memastikan seluruh warga binaan lapas telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ujar Kepala Bidang Pendataan Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono kepada wartawan, Senin (18/2/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan pengecekan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama telah digelar di LP Madiun pada 17 Februari 2019, sedangkan tahap pengecekan berikutnya masih dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak KPU dan lapas.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, selain bertujuan mengetahui nomor induk kependudukan, kegiatan tersebut juga untuk menyukseskan Pemilu 2019.

Adapun, dalam pengecekan tersebut petugas akan memastikan masing-masing warga binaan telah masuk dalam daftar pemilih tetap dan bisa mengikuti pemungutan suara.

“Sedangkan bagi warga binaan yang belum memiliki NIK akan dilakukan perekaman data,” kata Supriyono.

Dispendukcapil akan intensif melakukan koordinasi dengan KPU Kota Madiun dan Lapas Madiun, hal itu agar kegiatan tahap selajutnya berjalan lancar. Sesuai rencana, kegiatan serupa akan juga akan digelar di LP Pemuda Kota Madiun. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya