SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Sebagian Sobat Gaul pasti sudah sering dapat dispen kan. Alasannya juga pasti beragam dan paling sering karena harus mengikuti kegiatan di luar sekolah.

Dispen ini berbeda lho dengan membolos. Membolos itu pasti tidak berguna dan hanya dapat kerugian. Sedangkan Sobat Gaul yang mendapat dispen itu biasanya karena akan mengikuti kompetisi di luar sekolah, menjadi panitia kegiatan sekolah atau mendapat tugas dari sekolah mengikuti suatu event. Sementara membolos itu biasanya meninggalkan kelas atau sekolah lalu keluyuran atau bermain entah di mana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut siswi Kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 3 Solo, Lysha Annelia Dwi Nugraheni, membolos itu pasti bakal merugikan Sobat Gaul. Hasilnya apa kalau membolos? Tidak mendapat ilmu, nilai ujian juga tidak bagus, dicap jelek guru, dan parahnya jika sering tidak masuk malah bisa tidak naik kelas.

“Ketidaknyamanan siswa terhadap guru yang mengajar serta materi pembelajaran yang kurang dipahami dapat menyebabkan salah satu alasan membolos. Terkadang siswa itu labil dalam hal pelajaran, karena siswa itu menginginkan pelajaran yang mudah dan tidak suka berpikir keras. Pelajaran yang berat biasanya ditinggal oleh siswa dan siswa tersebut tidak memikirkannya sama sekali tentang guru yang mengajar di depan kelas,” ujar Lysha ketika diwawancarai Wartawan Siswa (Wasis) Solopos.com.

Ia menyarankan Sobat Gaul jangan suka membolos. “Dampak negatifnya banyak banget. Dampak lainnya bisa sampai tidak naik kelas, bahkan dikeluarkan dari sekolah. Lebih baik menuntut ilmu untuk mencapai cita-cita agar dapat bermanfaat bagi orang lain, dan dikagumi banyak orang. Waktu adalah hal yang sangat mahal,” ujar dia.

Sementara menuruut Arga Wira Yunawan, siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah PK Solo, pelajar yang suka membolos itu pasti ada bermacam-macam penyebabnya. “Entah karena diri sendiri yang malas, atau adanya faktor lain yang menyebabkan tidak ingin ke sekolah. Misalnya dikucilkan dan tidak memiliki teman di sekolah, lalu atmosfer dan suasana sekolah yang enggak nyaman buat belajar. Bisa juga karena sistem di sekolah itu tidak cocok untuk si pelajar,” kata dia.

Hal yang tidak kalah penting untuk direnungkan Sobat Gaul adalah bukan cuma pelajar yang rugi sendiri. Orang tua juga ikut rugi karena berharap anaknya bisa menimba ilmu dengan benar. “Tapi kadang aku bilang kalau misal baru capek atau enggak enak badan, baru minta izin orang tua untuk engga sekolah,” kata Arga.

Menurut Arga tidak mungkin ada orang tua mengizinkan anaknya buat membolos. Ilmu itu sangat penting buat kini dan masa depan Sobat Gaul. “Membolos satu pelajaran aja, kita bakal rugi banget, karena saat satu pelajaran terlewati, kita bisa kehilangan banyak ilmu,” kata Muhammad Rizky Fauzan Dewanto.

Siswa Kelas XI di SMA Batik 1 Solo ini tak menyangkal pernah beberapa kali membolos saat pelajaran karenakan malas saat menghadapi pelajaran tersebut. “Soalnya begini, satu pelajaran itu dapat merangkup semuanya. So, jangan pernah melewatkan ataupun membolos saat pelajaran,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya