SOLOPOS.COM - Deddy Corbuzier (Instagram/@mastercorbuzier)

Solopos.com, SOLO–Deddy Corbuzier disomasi terkait konten podcast-nya tentang ODGJ dan Covid-19. Tidak sendiri, lawan bicaranya di konten tersebut yaitu Mongol Stres juga ikut kena getahnya.

Lewat Instagram, Deddy Corbuzier menuangkan pikirannya sekaligus meminta maaf. Somasi dilayangkan oleh Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) dan sejumlah organisasi penyandang disabilitas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Deddy Corbuzier meminta maaf pertama lantaran dia tidak paham jika kata gila sudah diganti dengan ODGJ. Apalagi saat dicek kata tersebut di KBBI hanya ada kata gila.

“Akhirnya kena somasi. Ya sudah, nggak apa-apa. Namanya manusia. Minta maaf kan baik. Jadi saya minta maaf kalau ada yang tersinggung karena kata-kata GILA,” tulis Deddy Corbuzier di Instagram.

Baca Juga: Ferry Irawan Pinjam Uang Demi Pengobatan, Sahabat Galang Dana

Lebih lanjut ayah satu anak itu menjelaskan bahwa dirinya tidak tahu tentang penggunaan kata ‘gila’ dalam podcast-nya dengan Mongol. Dia pun mencari pembenaran usai melihat KBBI yang masih menggunakan kata “gila”.

“Sumpah deh, saya nggak tahu kalau kata-kata itu salah. Jujur sih saya kaget karena saya cek di KBBI masih pakai kata ‘gila’ dan saya baru paham ada kata ODGJ (orang dengan gangguan jiwa),” katanya.

“Artinya saya nggak pinter dan nggak update nih. Maafkan, ya… Maafkan kami. Mudah-mudahan KBBI-juga juga segera diubah ya,” tulisnya seperti mengutip laman Detik.com, Rabu (30/6/2021).

Selain Deddy Corbuzier, pernyataan Mongol Stres yang menyebut orang gila terbebas dari Covid-19 juga dipermasalahkan. Deddy Corbuzier meminta maaf dan meluruskan bahwa konten itu dibuat dalam konteks komedi.

“Kedua, saya minta maaf kalau saya dan @mongolstres bicara tentang ODGJ nggak kena Covid-19. Saya rasa di konteks tersebut @mongolstres konteksnya adalah berkomedi. Dan kadang komedi memang tidak masuk dengan kenyataan atau logika. Ini setahu saya,” tambahnya.

Mantan suami Kalina Oktarani itu mengaku pada dasarnya tidak bermaksud menghina ODGJ.

“Nggak mungkin ada tujuan menghina siapapun secara sengaja dari komedi tersebut di podcast menurut saya. Sementara ini jawaban saya. Mohon maaf bagi pihak yang tersinggung,” tutupnya.

Baca Juga: Beli Kandang Kucing Rp100 Juta, Begini Alasan Aurel Hermansyah

Jesus Anam mewakili organisasi yang mensomasi Deddy Corbuzier dan Mongol Stres meminta agar mereka menghentikan penyebaran konten tersebut. Lantaran kontennya dinilai penuh dengan kekeliruan, penghinaan dan olok-olok.

“Kami Perhimpunan Jiwa Sehat dan organisasi masyarakat sipil mensomasi Deddy Corbuzier dan Mongol. Kemudian mengupayakan serius untuk menghentikan sirkulasi konten, termasuk followers, sebagai kekeliruan, penghinaan, dan perilaku mengolok-olok,” kata Jesus Anam, penyintas skizofernia, dalam konferensi secara daring hari ini Rabu (30/6/2021).
Dalam dialog antara Deddy Corbuzier dan Mongol disebutkan bahwa saat ini belum ada pasien di rumah sakit jiwa di seluruh dunia yang terpapar COVID-19. Informasi itu dinilai menyesatkan.

Jesus Anam bersama sejumlah organisasi lain menuntut Deddy Corbuzier dan Mongol untuk menyampaikan permintaan maaf mereka secara terbuka. Selain itu, konten yang diunggah juga diminta untuk diganti judulnya.

Menyoal somasi yang dilayangkan, apabila pihak Deddy Corbuzier dan Mongol tidak memberikan jawaban maka proses hukum selanjutnya akan berjalan.
“Dalam batas waktu tersebut (bila) tidak ada itikad baik dari Deddy Corbuzier dan Mongol untuk melaksanakan somasi ini, kami akan melakukan upaya hukum,” kata Anam.

Baca Juga: Ini Alasan Iis Dahlia Mau Tampil Julid di Acara Televisi Bergimik

Di sisi lain menurut Reggi Pranoto, pendiri Komunitas Borderline Personality Disorder Indonesia yang juga merupakan salah satu penyintas Borderline Personality Disorder, menyebut bahwa pernyataan Deddy dan Mongol tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

“Pernyataan Deddy Corbuzier dan Mongol bertentangan dengan fakta yang telah dituliskan beberapa media mainstream yakni mengenai banyaknya ODGJ/PDM yang telah dan juga berpotensi terpapar virus Covid-19. Beberapa media tersebut, di antaranya detikcom. (Diberitakan) ‘Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di sebuah panti di Boyolali terdeteksi terpapar Covid-19. Dua di antaranya meninggal dunia. Kasus di tempat itu pun kini menjadi klaster tersendiri,” ungkap Reggie Pranoto.

Reggie menegaskan pendapatnya soal kesesatan dialog Deddy dan Mongol. Juga dikhawatirkan dapat membentuk opini yang keliru di masyarakat. Hal itu berdampak serius bagi hak ODGJ/PDM untuk mendapatkan vaksin dan pengobatan Covid-19.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya