Disokong Belasan Donatur, Warung Makan Gratis di Kalikotes Klaten Eksis Saat Pandemi

Setiap hari, warung makan gratis ini selalu didatangi sedikitnya 20 orang dari kaum marginal untuk memperoleh makanan siap santap secara gratis.

 Ilustrasi makanan (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Paguyuban Bersinar mendirikan warung makan gratis di Perumahan Griyatama Lestari Gemblegan, Kalikotes, Klaten, untuk melayani warga yang membutuhkan. Warung ini buka mulai pukul 10.00 WIB.

Pencetus warung makan gratis di Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, yakni Titik Purwanti, kepada Solopos.com, Selasa (14/9/2021), warung makan gratis tetap memberikan pelayanan ke warga di tengah pandemi Covid-19.

Setiap hari, lanjut dia, warung makan gratis ini selalu didatangi sedikitnya 20 orang dari kaum marginal untuk memperoleh makanan siap santap secara gratis. Menurutnya, pengunjung warung makan gratis diminta tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Siasat Pandai Besi Segaran Delanggu Beralih ke Mesin Tempa Gegara Minim Tenaga Kerja

“Mereka yang datang ke sini, tukang batu, penjual keliling, pedagang dawet, dan lainnya. Mereka tak hanya dari Kalikotes, tapi ada yang dari Wedi, Ceper, dan Bayat,” jelasnya

Lebih lanjut, Titik Purwanti mengatakan menu makanan yang disajikan warung makan gratis selalu bervariasi dari hari ke hari. Dengan cara seperti itu, pengunjung tidak jenuh saat ke warung makan gratis.

Setiap harinya, pengelola warung makan gratis mampu mengolah beras 3 kg-4 kg per hari. “Lauk yang kami berikan standar. Setiap hari pasti ada telur, tahu, atau pun tempe,” jelasnya.

Baca juga: Pernah Sumbang Kasus Tertinggi, Jogonalan Klaten Kini Terbebas dari Covid-19

Titik menerangkan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Darurat diterapkan di Klaten beberapa waktu lalu, pihaknya sempat menutup warung makan gratis.

“Setelah itu sampai sekarang, warung makan gratis ini selalu dibuka. Bagi pengunjung yang datang ke sini syaratnya harus tetap prokes,” katanya.

Sebagai informasi, Paguyuban Bersinar merupakan sebuah WhatsApp Group (WAG) yang berdiri sekitar September 2020. Sebulan kemudian, paguyuban ini mendirikan warung makan gratis di Gemblegan, tepatnya 10 Oktober 2020.

Bermanfaat Bagi Warga

Titik Purwanti mengatakan donatur yang rutin menyuplai logistik untuk warung makan gratis di Kalikotes mencapai 10-13 orang. Diharapkan, eksistensi warung gratis akan terus mendapatkan tempat di sanubari warga di waktu mendatang.

“Semoga, ini akan menjadi pahala bagi para donatur dan semua yang terlibat dalam warung makan gratis. Mengingat keberadaan warung gratis sangat bermanfaat bagi warga, kami akan tetap membuka warung gratis, baik ada pandemi Covid-19 atau pun tidak. Semoga, pandemi Covid-19 di Klaten segera sirna,” katanya.

Baca juga: Belum Ketemu, Ini Penampilan Terakhir Perempuan Juwiring Klaten Sebelum Hilang

Pada bagian lain, Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, meminta kepada seluruh warga di Kabupaten Bersinar agar selalu disiplin menaati prokes meski kasus Covid-19 sudah melandai dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami berharap semuanya ikut proaktif untuk selalu menekan kasus Covid-19. Pakai masker wajib dilakukan. Lebih baik lagi masker dobel,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.

Asale Sendang Bendo Jadi Asal Mula Desa Bendo di Boyolali

Sendang Bendo bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sementara disebut Sendang Bendo, karena di sekitar sendang itu berdiri pohon bendo yang umurnya sudah tua.

Gibran: Random Testing di Solo Lanjut, Klaster PTM Harus Diselidiki

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan random testing swab antigen di sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bakal terus dilakukan.

Terjaring Razia, 29 Motor Knalpot Brong Dibawa ke Satlantas Karanganyar

Sebanyak 29 kendaraan berknalpot brong ditertibkan oleh Satlantas Polres Karanganyar saat Operasi Patuh Candi 2021