Disney Raup Sekitar Rp102 Triliun dari Adaptasi Film Animasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa The Walt Disney merupakan salah satu perusahaan hiburan global, khususnya dalam industri perfliman paling progresif di dunia yang berhasil meraup pendapatan sangat besar.

Disney Raup Sekitar Rp102 Triliun dari Adaptasi Film Animasi

SOLOPOS.COM - Salah satu adegan dalam film The Lion King. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa The Walt Disney merupakan salah satu perusahaan hiburan global, khususnya dalam industri perfliman paling progresif di dunia yang berhasil meraup pendapatan sangat besar.

Bagaimana tidak, hanya dari film remake lama miliknya saja dalam 9 tahun terakhir perusahaan telah berhasil mengumpulkan pendapatan hingga mencapai US$7 miliar atau sekitar Rp102 Triliun. Angka yang sangat fantastis.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena pada tahun ini Disney masih akan merilis film adaptasi live action lain. Belum lagi film-film dari Marvel Studio dan Pixar, serta 21th Fox Century yang telah diakuisisi oleh Disney.

Sejak 2010 hingga saat ini, Disney telah merilis 9 film remake atau adaptasi live action dari film-film animasinya terdahulu. Berdasarkan catatan Box Office Mojo, berikut ini adalah rincian film live action Disney tersebut.

The Lion King (2019) yang dirilis pada tahun ini mendapatkan antusiasme positif dan sukses besar di pasaran. Kendati baru dirilis beberapa waktu lalu, film ini melesat ke puncak sebagai film adaptasi Disney dengan pendapatan terbesar yakni US$1,515 miliar secara global.

Selanjutnya, Beauty and the Beast (2017) dengan pendapatan global mencapai US$1,263 miliar diikuti oleh Aladdin (2019) yang juga dirilis pada tahun ini dan telah meraup US$1,043 miliar. Baik film The Lion King maupun Aladdin masih menempati lima besar film dengan pendapatan tertinggi tahun ini.

Berikutnya adalah Alice in Wonderland (2010) yang meraih US$1,025 miliar, The Jungle Book (2016) dengan pendapatan US$966 juta, Maleficent (2014) sebesar US$758, Cinderella (2015) berpendapatan US$542, dan Oz The Great and Powerful (2013) US$492 juta.

Di posisi paling buncit adalah salah satu film yang dirilis Disney pada tahun ini, yakni Dumbo (2019) dengan raihan pendapatan global sebesar US$352 juta. Memang sangat disayangkan, sebagai film baru Dumbo sangat tidak maksimal karena menuai kontroversi dari para penggemarnya.

Kendati begitu, hal tersebut tampaknya bukan menjadi masalah besar bagi Disney. Dalam waktu dekat, perusahaan itu bakal merilis film adaptasi lain yituMalrficent: Mistress of Evil pada Oktober mendatang.

Selain itu, Disney juga masih memiliki banyak stok film animasi terdahulu yang populer dan berpotensi dibuatkan adaptasinya seperti Hunchback of Notre Dame (1996), James and the Giant Peach (1996), Lilo and Stitch (2002), dan beberapa judul lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

6.678 Napi di Jateng Peroleh Remisi, Negara Hemat Rp3,6 Miliar

Kanwil Kemenkum HAM Jateng bisa menghemat anggaran Rp3,6 miliar setelah 6.678 narapidana mendaptkan remisi khusus Lebaran 2021.

Gibran Bagi-Bagi Fitrah di Balai Kota Solo, Isinya Berapa Ya?

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membagikan fitrah seusai menjalankan salat Id berjemaah di Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021).

Wahyu Tri Nugroho Gabung Persis Solo, Manajemen Bhayangkara Solo FC: Bawa Persis ke Liga 1!

Bhayangkara Solo FC resmi melepas kiper senior Wahyu Tri Nugroho ke Persis Solo. Manajemen Bhayangkara Solo FC pun memberikan pesan kepada kiper berusia 34 tahun tersebut.

Waspada! Ini Bahayanya Makan Kue Lebaran Secara Berlebihan

Sering kalap makan kue Lebaran? Waspadalah ada bahaya mengintai!

Rumah Sakit Indonesia Remuk Dihantam Rudal Israel

Rumah sakit Indonesia di Jalur Gaza mengalami kerusakan akibat dihantam rudal pasukan Israel, Selasa (11/5/2021) malam waktu setempat.

Patuh! Sejumlah Wilayah di Wonogiri Tak Gelar Salat Idulfitri di Lapangan

Warga di sejumlah kecamatan di Wonogiri diklaim tidak ada yang menjalankan Salat Idulfitri di lapangan/gedung, Kamis (12/5/2021).

2 Anggota KKB di Illaga Papua Tewas Saat Baku Tembak dengan Koppasus

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas akibat baku tembak dengan TNI di Illaga, Papua, Kamis (13/5/2021).

Super Ketat, Begini Penerapan Prokes Salat Idulfitri Gibran-Selvi & Pejabat Pimpinan Daerah

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda, menunaikan Salat Idulfitri tahun 2021 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021).

Kisah Sukses Wagirin, Perintis Soto Girin Sragen yang Populer Hingga 3 Generasi

Begini kisah sukses di balik popularitas kuliner khas Sragen, Jawa Tengah, Soto Girin, yang sudah eksis sejak 1950-an.

Ustaz Djuriono yang Meninggal Saat Khotbah Idulfitri di Kalikotes Ternyata Guru SMKN Trucuk Klaten

Ustaz yang meninggal saat mengisi khotbah Idulfitri di Kalikotes, Klaten, ternyata seorang guru SMKN di Trucuk.

Korban Ledakan Petasan Maut di Kebumen Jadi 4 Jiwa

Korban tewas akibat ledakan petasan di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah bertambah satu orang.

Juragan Sembako di Semarang Disekap, Rp200 Juta Raib

Seorang wanita pemilik toko sembako di Jl. Dargo, Kota Semarang disekap perampok, uang sekitar Rp 200 juta hasil jualan milik korban raib.