Salah satu adegan dalam film The Lion King. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa The Walt Disney merupakan salah satu perusahaan hiburan global, khususnya dalam industri perfliman paling progresif di dunia yang berhasil meraup pendapatan sangat besar.

Bagaimana tidak, hanya dari film remake lama miliknya saja dalam 9 tahun terakhir perusahaan telah berhasil mengumpulkan pendapatan hingga mencapai US$7 miliar atau sekitar Rp102 Triliun. Angka yang sangat fantastis.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena pada tahun ini Disney masih akan merilis film adaptasi live action lain. Belum lagi film-film dari Marvel Studio dan Pixar, serta 21th Fox Century yang telah diakuisisi oleh Disney.

Sejak 2010 hingga saat ini, Disney telah merilis 9 film remake atau adaptasi live action dari film-film animasinya terdahulu. Berdasarkan catatan Box Office Mojo, berikut ini adalah rincian film live action Disney tersebut.

The Lion King (2019) yang dirilis pada tahun ini mendapatkan antusiasme positif dan sukses besar di pasaran. Kendati baru dirilis beberapa waktu lalu, film ini melesat ke puncak sebagai film adaptasi Disney dengan pendapatan terbesar yakni US$1,515 miliar secara global.

Selanjutnya, Beauty and the Beast (2017) dengan pendapatan global mencapai US$1,263 miliar diikuti oleh Aladdin (2019) yang juga dirilis pada tahun ini dan telah meraup US$1,043 miliar. Baik film The Lion King maupun Aladdin masih menempati lima besar film dengan pendapatan tertinggi tahun ini.

Berikutnya adalah Alice in Wonderland (2010) yang meraih US$1,025 miliar, The Jungle Book (2016) dengan pendapatan US$966 juta, Maleficent (2014) sebesar US$758, Cinderella (2015) berpendapatan US$542, dan Oz The Great and Powerful (2013) US$492 juta.

Di posisi paling buncit adalah salah satu film yang dirilis Disney pada tahun ini, yakni Dumbo (2019) dengan raihan pendapatan global sebesar US$352 juta. Memang sangat disayangkan, sebagai film baru Dumbo sangat tidak maksimal karena menuai kontroversi dari para penggemarnya.

Kendati begitu, hal tersebut tampaknya bukan menjadi masalah besar bagi Disney. Dalam waktu dekat, perusahaan itu bakal merilis film adaptasi lain yituMalrficent: Mistress of Evil pada Oktober mendatang.

Selain itu, Disney juga masih memiliki banyak stok film animasi terdahulu yang populer dan berpotensi dibuatkan adaptasinya seperti Hunchback of Notre Dame (1996), James and the Giant Peach (1996), Lilo and Stitch (2002), dan beberapa judul lainnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten