Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

 Kepala Disnakkan Grobogan drh. Riyanto (kiri) berbincang dengan seorang peternak di Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan belum lama ini. (Solopos/Arif Fajar S)

SOLOPOS.COM - Kepala Disnakkan Grobogan drh. Riyanto (kiri) berbincang dengan seorang peternak di Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan belum lama ini. (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI — Dinas Peternakan dan Perikanan atau Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer.

Karena informasi yang beredar, Rabu (29/6/2022) menyebutkan sapi-sapi yang mati dalam lima hari terakhir diduga terkena penyakit mulut dan kuku atau PMK.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Jambangan Karyadi kepada wartawan yang mengatakan, dari gejala yang muncul seperti gejala PMK.

“Mulutnya mengeluarkan air liur memutih dan seperti terkena sariawan. Gejalanya mirip ternak yang terkena PMK,” ujarnya.

Menanggapi hal ini Kepala Disnakkan Grobogan drh. Riyanto menjelaskan, pihaknya akan mengecek kebenaran informasi tersebut.

Baca juga: Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Bahkan dia ingin hal itu segera dilaporkan sehingga tidak memunculkan rasa khawatir di masyarakat terutama di kalangan peternak.

“Karena informasi yang beredar ada yang menyebutkan 60 ekor sapi mati, terus ada lagi informasi 30 ekor yang mati. Kalau memang punya data silahkan laporkan ke kami biar kita cek,” jelasnya.

Karena berdasarkan data yang diperoleh dari dokter hewan yang bertugas, di Desa Jambangan yang mati terkena PMK itu tiga induk sapi yang sedang bunting, satu induk tidak bunting, dan anak sapi di bawah 1 bulan.

Konfirmasi dari dokter hewan yang bertugas di Kecamatan Geyer tersebut, sambungnya, hanya menyebutkan jumlah tersebut.

Baca juga: Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Sementara data yang dirilis Disnakkan Grobogan, hingga hari Selasa (28/6/2022) ada 1.549 total kasus di mana kasus aktif PMK ada 1.119.

Kemudian untuk yang sembuh ada 422 ekor terdiri dari 411 ekor sapi dan 11 ekor kerbau. Sedang yang mati ada enam ekor dan dua ekor dipotong paksa.

Sedang pelaksanaan vaksinadi menurut drh. Riyanto memang ditujukan ke desa yang belum ada kasus penyakit mulut dan kuku.

Ada 20 desa yang berada di 10 kecamatan di Kabupaten Geyer yang menjadi sasaran vaksin PMK. Pelaksanaan vaksinasi sudah dimulai sejak 28 Juni dan ditarget selesai 1 Juli 2022.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Pernah Didatangi Jokowi, Tambaklorok Semarang Masih Diganggu Rob

      Meski pernah dikunjungi Presiden Jokowi secara incognito, Kampung Tambaklorok di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), hingga kini belum terbebas dari rob.

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Selasa 16 Agustus 2022

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang hari ini, Selasa (16/8/2022) yang didominasi berawan dan hujan dengan intensitas ringan.

      Terkuak! Pelaku Penyekapan Siswi SMP di Pati Residivis

      Pelaku penyekapan dan pemerkosaan siswi SMP di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), ternyata seorang residivis kasus pencabulan dan pencurian.

      Penderita HIV/AIDS Jabar Melahirkan di Semarang, Begini Kondisi Bayi

      Seorang penderita HIV/AIDS asal Jawa Barat (Jabar) menjalani persalinan atau melahirkan bayi di RSUD Tugurejo, Kota Semarang.

      Ditangkap di NTT, Pelaku Penyekapan Siswi SMP Pati Niat Kabur ke Papua

      Pelaku penyekapan dan pemerkosaan siswi SMP di Pati ternyata berniat kabur ke Papua untuk menghilangkan jejak.

      Selidiki Rumah Ferdy Sambo di Magelang, Timsus Polri Habiskan 3,5 Jam

      Timsus Polri melakukan penyelidikian di rumah Ferdy Sambo yang berada di Kabupaten Magelang.

      Jadikan Siswi SMP di Pati Budak Seks, Pelaku Diancam 15 Tahun Penjara

      Pelaku pemerkosaan dan penyekapan yang menjadikan siswa SMP di Pati sebagai budak seks terancam hukuman 15 tahun penjara.

      Jepara Diguncang Gempa M 5,3, BPBD: Tidak Dirasakan Warga

      Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,3 mengguncang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

      Tanda Tangani Pakta Anti-Bullying, Ini Pesan Ketua DPRD Kota Salatiga

      Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, berpesan kepada anak-anak agar tidak melakukan bullying kepada teman-teman.

      Ini Dia Lokasi Rumah Ferdy Sambo di Magelang

      Timsus Polri mendatangi rumah Ferdy Sambo yang lokasi di Magelang untuk menyelidiki kasus pembunuhan Brigadri Yoshua atau Brigadir J.

      Gempa Bumi Guncang Jepara, Segini Kekuatannya

      Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,3 mengguncang kawasan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Senin (15/8/2022) pukul 18.10 WIB.

      Meroket! Harga Tanah Sekitar Kampus 3 UIN Salatiga Jadi Rp1 Juta/M2

      Pembangunan Kampus 3 UIN Salatiga di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga membuat harga tanah di Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang naik berkali-kali lipat.

      Masjid Kauman Tertua di Semarang yang Umumkan Kemerdekaan Indonesia

      Masjid Kauman Semarang menjadi masjid tertua di Kota Semarang dan satu-satunya masjid yang menyiarkan Kemerdekaan Indonesia setelah Proklamasi didengungkan oleh Soekarno-Hatta.

      Selain Perbaikan Jalan, Bupati Blora Ingin Bangun RS di Randublatung

      Selain pembangunan jalan, Bupati Blora juga menyampaikan bahwa pada 2023 nanti Pemkab akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah di Kecamatan Randublatung.

      Penelusuran Pembunuhan Brigadir J sampai ke Magelang

      Jejak kasus pembunuhan terhadap Brigadir J yang direncanakan Irjen Pol Ferdy Sambo ditelusuri sampai ke Magelang.