Disnakertrans Gencar Sosialisasi K3, Kecelakaan Kerja di Jateng Turun

Disnakertrans Gencar Sosialisasi K3, Kecelakaan Kerja di Jateng Turun

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan kerja.(JIBI/Solopos/Dok.)

Kecelakaan kerja di Jawa Tengah (Jateng) menurun sepanjang 2017.

Solopos.com, SEMARANG – Tingkat kecelakaan kerja di Jawa Tengah (Jateng) mengalami penurunan yang signifikan sepanjang 2017 lalu. Penurunan itu disebabkan gencarnya sosialisasi terkait budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertrans) Jateng di perusahaan-perusahaan.

Kepala Disnakertrans Jateng,Wika Bintang, menyebutkan angka kecelakaan kerja di Jateng selama tiga tahun terakhir cenderung fluktuatif. Berdasarkan data yang dimilikinya,angka kecelakaan kerja di Jateng pada 2015 mencapai 3.083 kasus.

“Jumlah itu naik pada 2016 menjadi 3.665 kasus dan turun menjadi 1.468 kasus pada 2017,” ujar Wika seperti dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Rabu (7/2/2018).

Wika mengatakan penurunan kecelakaan kerja itu disebabkan gencarnya sosialisasidan pembinaan K3 oleh Disnakertrans secara berkesinambungan kepada pelaku maupun tempat industri di Jateng.

“Kami melakukan pembinaan terus, sosialisasi terus dan menyadarkan perusahaan. Tapi, kalau rata-rata perusahaan besar ada bahan baku berbahaya sudah mewajibkan, sehingga keselamatan pekerja terjamin,” tutur Wika.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyatakan kegembiraannya menyusul turunnya tingkat kecelakaan kerja pada 2017.

“Kalau di Jawa Tengah mulai tahun 2015, 2016, grafiknya naik dan 2017 kemudian bisa turun maka saya menyampaikan terima kasih. Ternyata partisipasi dari perusahaan, kerja sama dengan para pengawas tenaga kerja bisa menurunkan jumlah kecelakaan kerja yang signifikan. Mudah-mudahan nanti ini bisa kita jaga, kita turunkan lagi,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu ingin perusahaan dapat menyusun dan menerapkan mekanisme kerja yang merujuk pada standar K3. Selain itu jug serius melatih tenaga kerjanya agar dapat berperilaku K3 secara tepat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.