SOLOPOS.COM - Ilustrasi menulis (JIBI/Solopos/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/wordpress.com)

JOGJA—Setiap tahunya Jogja menampung hingga ratusan ribu pengangguran. Lulusan SMK tercatat sebagai pengangguran paling banyak di daerah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menekan angka pengangguran, 9-12 Oktober ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY menggelar pameran busra lowongan kerja (Loker)yang menyediakan hingga 10.000 lowongan.

Kasi Pembinaan Kelembagaan Penempatan dan Pasar Kerja Disnakertrans DIY, Dwi Santosa Senin (8/10/2012) melansir, jumlah pengangguran di DIY saat ini berdasar data terakhir Desember 2011 mencapai hingga 127.000 orang.

Jumlah itu memang diklaim turun dari data 2010 sebanyak 137.000 orang namun tiap tahun dipastikan jumlah penganguran versi pemerintah ini mencapai ratusan ribu orang.

“Data ini bisa berbeda dengan data Badan Pusat Statistik (BPS). Karena data ini nggak hanya kami peroleh dari laporan kelulusan sekolah tapi juga pencari kartu kuning dan kelurahan,” jelas Dwi.

Pengangguran paling banyak ternyata adalah lulusan SMK sebanyak 22.547 orang, disusul lulusan SMA sebanyak 19.491 orang serta tamatan perguruan tinggi sebanyak 11.338 penganggur.

“Dari sisi pendidikan jumlahnya lebih sedikit nggak sampai 127.000 karena sisanya itu ada juga pengangguran lainnya yang nggak sekolah, lainnya pengangguran tertutup,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya