Solopos.com, SOLO – Istri Walikota Solo, Selvi Ananda menghadiri acara fashion show dan diskusi tentang sejarah batik kuno di ndalem Wuryaningrat House of Danar hadi. Ada pemandangan menarik, dua nenek asyik sendiri saat Selvi berbicara.

Menurut rekaman video SoloposTV di atas, Selvi sempat terlihat memegang mic dan berbicara. Sementara dua wanita usia nenek-nenek yang duduk berjeda seorang di sebelah kirinya terlihat asyik sendiri. Sesekali mereka mengobrol pribadi dan tertawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Disambut Selvi Ananda, BKKBN Jateng Apresiasi Kampung KB Solo

Sebagai informasi, fashion show dan diskusi tersebut digelar Jumat (29/10/2021) oleh Himpunan Ratna Busana. Menurut laporan Wartawan Solopos, Ika Yuniati, Selvi Ananda menekankan bahwa Pemkot Solo berkomitmen penuh mendukung pelestarian batik. Tak hanya soal edukasi makna batik, tapi juga bagaimana mempertahankan pengembangan batik di ranah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah pengrajin batik terus mereka dorong untuk mengembangkan usahanya.

Acara tersebut mengusung tema Mengenal Batik Menurut Zaman dan Lingkungan, acara ini mengajak masyarakat belajar tentang sejarah dan makna filosofi batik dari masa ke masa. Sedikitnya ada 30 motif jarik koleksi mendiang Santosa Doellah yang ditampilkan dalam acara tersebut.

Baca Juga: Ini Foto-Foto Selvi Ananda Kenakan Batik Biru saat Canangkan Kampung KB

Motif tersebut di antaranya jenis sodagar, petani, motif sodagar yang terpengaruh dengan pola Hindia, motif nitik, motif cantingan, dan gaya Eropa.

Koordinator acara, Febry Dipokusuma, mengatakan talkshow tersebut bertujuan meluruskan pakem-pakem batik sesuai dengan tradisi Kraton. Ia mengaku senang batik digandrungi anak muda dan dipakai di berbagai kesempatan. Tapi ada yang harus diingat yakni ada motif-motif sakral yang tak bisa asal dikenakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya