Tutup Iklan
Diskon Tagihan Rekening Air di PDAM Klaten Berakhir, Bayar Penuh Mulai Agustus
Ilustrasi (freepik.com)

Solopos.com, KLATEN -- Program diskon tagihan rekening air bagi puluhan ribu pelanggan PDAM Tirta Merapi Klaten telah berakhir. Keringanan tagihan air di tengah pandemi Covid-19 ini diberikan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

PDAM Tirta Merapi Klaten telah memberikan diskon senilai Rp3,2 miliar. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, sebanyak 42.860 pelanggan PDAM Tirta Merapi Klaten memperoleh keringanan saat membayar tagihan air untuk pemakaian April, Mei, dan Juni 2020.

Pembayaran tagihan tersebut dibayarkan Mei, Juni, dan Juli 2020. Artinya, mulai tagihan Agustus yang merupakan pemakaian Juli, pelanggan PDAM Klaten harus membayar penuh atau tanpa diskon.

Detail Baju Seragam Gibran dan Teguh, Ada Gambar Pasar Klewer Solo dan Banteng Hitam

Puluhan ribu pelanggan yang diberikan diskon tagihan air tersebar di empat golongan. Sebanyak 1.095 golongan sosial umum (SU), sosial khusus (SK), dan rumah tangga (RT) I sebesar 70 persen.

Selanjutnya, pelanggan RT II sebesar 40 persen (29.332 pelanggan) dan RT III sebesar 20 persen (10.246 pelanggan). Terakhir, golongan rumah tangga seminiaga (RT B) sebesar 10 persen (2.008 pelanggan).

Pemberian diskon tagihan air tersebut guna mendukung stabilitas perekonomian di Kabupaten Bersinar. Pemberian diskon tersebut mengakibatkan setoran ke pendapatan asli daerah (PAD) juga menurun dari target yang sudah ditentukan senilai Rp3,3 miliar.

Tegas, Presiden AS Donald Trump Segera Larang TikTok?

Setoran PDAM Klaten ke PAD Turun

Perkirakan setoran PDAM Klaten ke PAD hanya senilai Rp2,2 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai senilai Rp3,2 miliar.

"Diskon untuk para pelanggan di tengah pandemi Covid-19 sudah berakhir akhir Juli kemarin. Melihat situasi dan kondisi di Klaten dianggap sudah menuju normal. Pembayaran Agustus sudah normal kembali. Kami sudah menyosialisasikan hal itu melalui surat edaran, radio, dan media sosial," kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Merapi Klaten, Irawan Margono, saat ditemui wartawan di kantornya, Sabtu (1/8/2020).

Operasi Patuh Candi, Sepekan Polisi Cuma Tilang 113 Pelanggar, Dulu Ribuan

Irawan Margono mengatakan pemberian diskon tagihan air tersebut dapat membantu para pelanggan yang juga terdampak pandemi Covid-19. Sementara itu, mulai awal Agustus 2020, PDAM Tirta Merapi Klaten juga sudah menyesuaikan jam kerja baru.

"Pelayananan akan kembali normal. Dengan pemberitahuan secara masif itu diharapkan semuanya juga mulai menyesuaikan," kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho