SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Diskon 15% untuk tarif tol Trans Jawa masih bisa dinikmati masyarakat. Diskon yang awalnya hanya diberlakukan dua bulan sejak Januari 2019 lalu diperpanjang masa berlakunya hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut dibenarkan Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Ari Wibowo, Minggu (24/3/2019). Namun diskon tersebut hanya bisa dinikmati untuk rute jarak jauh di setiap cluster. Cluster III yang melalui ruas Solo-Ngawi, diskon hanya berlaku untuk pengguna tol yang menempuh jarak jauh mulai Banyumanik, Semarang, hingga Warugunung, Surabaya, atau sebaliknya.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Jadi kalau masuk dari Solo, baik mau ke Semarang maupun Surabaya, diskon tidak berlaku,” kata dia.

Menurut Ari, tujuan pemberian diskon tersebut adalah untuk meringankan tarif tol khususnya untuk kendaraan logistik. Dia mengatakan untuk tarif tol yang diakses dari Solo tetap menggunakan tarif normal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, tarif tol awal golongan I maksimal Rp1.000/km. Besaran tarif kendaraan golongan II dan III adalah 1,5 kali dari golongan I dan untuk golongan IV dan V adalah dua kali dari golongan I.

Mengenai masa berlaku diskon tersebut, Ari mengatakan hingga ada keputusan lebih lanjut dari pemerintah. Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hery Trisaputra Zuna menyebut mulai 21 Januari 2019 selama dua bulan berikutnya ada diskon 15 % untuk pengguna tol jarak jauh.

“Dari empat cluster Tol Trans Jawa hanya cluster II [Palimanan-Semarang], cluster III [Semarang-Surabaya), dan cluster IV (Gempol–Grati) yang didiskon. Sementara kluster I (Jakarta-Palimanan) tidak berlaku diskon. Tol dalam kota yakni Semarang ABC dan Surabaya-Gempol juga tidak berlaku diskon,” jelas dia.

Diskon hanya berlaku apabila pengguna jalan tol melakukan perjalanan penuh dalam satu cluster. Ketentuan tarif diskon lainnya adalah saldo kartu tol cukup. Apabila saldo kurang atau tidak terbaca, diskon tidak berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya