SOLOPOS.COM - Ilustrasi dodol. (Freepik)

Solopos.com, PURBALINGGA — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah mendampingi pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Para pelaku UKM yang telah mendapat pelatihan diharapkan dapat terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas produksinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Produk olahan yang dihasilkan dari hasil pelatihan di antaranya gula semut, minyak kelapa, serundeng, pisang gulung, pisang taro, biskuit kelapa, manisan salak, dodol salak, mangleng singkong, gula jahe semut dan sirop jahe.

“Kegiatan pendampingan yang kami lakukan ini sesuai dengan arahan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang bertujuan mengentaskan warga dari kemiskinan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Statistik Diskominfo Jateng, Hita Yoga Pratyaksa, seperti dikutip dari Antara, Minggu (4/6/2023).

Dalam menjual kudapan lokal tersebut, para pelaku UKM diharapkan bisa memanfaatkan platform daring dengan akses internet yang dibantu oleh Diskominfo Jateng.

“Kami telah sampaikan agar bisa memberdayakan para remaja untuk memanfaatkan koneksi internet yang sudah difasilitasi, misal untuk daftar pelatihan di Dinas Koperasi dan UKM atau membuat website untuk promo potensi wisata dan produk yang dihasilkan oleh ibu-ibu,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Tak Yasin Maimoen, meminta agar Program Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Satu Desa Dampingan dioptimalkan sebagai upaya percepatan pengurangan angka kemiskinan di provinsi setempat. Tiap OPD harus jeli dalam melihat potensi yang bisa dikembangkan di daerah masing-masing.

“Pelaksanaan program dalam rangka pengentasan kemiskinan tersebut perlu dioptimalkan dan pemetaan berkala terkait wilayah yang masuk zona miskin dan miskin ekstrem,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya