SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo menilai Jl dr Radjiman, Laweyan tidak memenuhi standarisasi jalan provinsi/ nasional. Dishubkominfo mengusulkan pembangunan fly over atau jalan lingkar guna mengatasi kepadatan lalu lintas di sana.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo Yosca Herman Soedrajad ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Rabu (28/5/2013). Herman mengakui tidak bisa berbuat banyak ihwal kondisi jalan di Jl dr Radjiman yang dikhawatirkan bakal merusak kawasan cagar budaya. Hal ini lantaran dilalui kendaraan bertonase besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mau dilewatkan mana lagi. Satu-satunya jalan ya itu. Kecuali, ada jalan lingkar selatan,” ujar Herman.

Ekspedisi Mudik 2024

Herman menuturkan kondisi jalan di Jl dr Radjiman merupakan jalan provinsi atau nasional. Namun kondisinya tidak ideal dan tidak memenuhi standarisasi untuk status jalan provinsi. Idealnya, Herman menerangkan mestinya ada median jalan, jalur lambat, lebar jalan 10 meter serta terdapat empat lajur.

“Tapi di sana (Jl dr Radjiman) lebarnya saja kecil. Tidak ada jalur pemisahnya, jadi rawan kecelakaan,” tuturnya.

Herman menuturkan Kota Solo sudah selayaknya memiliki jalan lingkar  utara maupun selatan. Selama ini, dia menambahkan jalan provinsi maupun nasional berdampingan dengan jalan kota. Akibatnya terjadi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan perkotaan. Dia mencontohkan kepadatan lalu lintas dari bundaran Baron hingga Jongke yang dilalui kendaraan bertonase tinggi berimbas pada kepadatan lalu lintas di jalan kota. Kondisi sama juga terjadi di Jl Brigjen Katamso.
Pembangunan jalan lingkar utara yang mandek hingga di perempatan Mojosongo, menyebabkan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

“Solo sudah layak punya jalan lingkar. Kalau tidak ya solusinya fly over. Tapi ini tergantung provinsi dan pusat, kami hanya sekedar usulkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya