SOLOPOS.COM - Yosca Herman Sudrajad (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Yosca Herman Sudrajad (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) siap memasang alat pemberi isyarat lalu lintas (Apill) otomatis di tujuh titik di wilayah Kota Solo tahun ini. Keberadaan alat itu diharapkan dapat mengurai persoalan kemacetan di sejumlah titik rawan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad menyebutkan tujuh titik yang akan dipasangi Apill otomatis tersebut yaitu di perempatan Fajar Indah, Jajar, Laweyan; Tugu Wisnu, Manahan, Laweyan; perempatan Gendengan dan pertigaan Baron, Laweyan; perempatan Gemblegan, Serengan, perempatan Jl Sudirman serta perempatan Panggung, Jebres.

Titik-titik tersebut dipilih lantaran kerap terjadi penumpukan kendaraan di masing-masing lokasi itu.

Yosca memaparkan sistem Apill tersebut dikendalikan Intelligent Transport System (ITS) Full Responsif yang dapat mengatur otomatis sendiri pengatur waktu atau timer pada traffic light dan menyesuaikannya dengan kondisi yang ada.

Jika terjadi penumpukan kendaraan pada satu arah sudah terlalu panjang, alat ini dengan sendirinya akan mengubah lampu lalu lintas (Apill) dari merah ke hijau.

“Tentunya dengan jeda pengaturan. Sehingga, arus lalu lintas dari arah yang lain tidak menjadi kacau,” terangnya. JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya