SOLOPOS.COM - Awak angkutan umum tengah mengikuti tes dalam ajang pemilihan awak kendaraan umum teladan 2014 yang digelar Dishubkominfo di aula kantor setempat, Sabtu (31/5/2014). (Indah SW/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar menggelar sayembara pemilihan awak kendaraan umum teladan 2014, Sabtu (31/5/2014). Hal ini guna memberikan kenyamanan dan keselamatan penumpang serta pemakai jalan menjelang Lebaran nanti.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo Nunung Susanto kepada wartawan. Nunung mengatakan sedikitnya 16 awak kendaraan mengikuti sayembara tersebut. “Pemilihan awak kendaraan umum teladan ini untuk mendudukan insan awak kendaraan sejajar dengan insan pembangunan lainnya,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nunung mengatakan menjelang Lebaran pihaknya semakin memperketat pengawasan operasional kendaraan umum. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang maupun pengguna jalan.

Tidak ada angkutan umum yang ugal-ugalan sehingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, Nunung mengatakan melalui kegiatan sayembara awak kendaraan umum teladan, dapat merubah pola pikir dan sudut pandang sebagai awak kendaraan angkutan umum serta mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan yang disebabkan faktor pengemudi.

“Ini untuk menekan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan yang disebabkan oleh faktor pengemudi. Apalagi mendekati Lebaran arus lalu lintas akan meningkat,” katanya.

Nunung mengatakan untuk menentukan awak kendaraan teladan diberikan materi dan tes dari Satlantas Polres Karanganyar tentang tata tertib serta beretika dalam berlalu lintas. Nantinya juara pertama awak teladan makan mengikuti pemilihan ditingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Karanganyar.

“Kegiatan ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada awak kendaraan umum [pengemudi] yang telah bekerja dengan baik dan telah menjunjung tinggi etika profesi,” katanya.

Oleh karena itu, para pengemudi ini mempunyai tanggung jawab besar dalam menjamin kenyamanan dan keselamatan para penumpangnya.

Kabid Perhubungan Dishubkominfo, Joko Sumaryono menambahkan peserta awak kendaraan teladan dari perwakilan paguyuban pengemudi jalur trayek A dan B 10 orang dan jalur E sebanyak 2 orang serta paguyuban pengemudi perdesaan sebanyak delapan orang. “Kami berharap para pengemudi meningkatkan kedisiplinan dalam mengemudi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya