SOLOPOS.COM - Satlantas Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengecek kondisi armada bus dan sopir di garasi bus PO Raya, PO SAN, Ekspedisi Hyra, dan Ekspedisi Kobra, Senin (18/4/2022). (Istimewa/Satlantas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satlantas Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Jawa Tengah melakukan pengecekan kondisi armada bus dan sopir menjelang mudik Lebaran 2022.

Pengecekan dilakukan ke beberapa garasi bus di Sukoharjo. Hal itu disampaikan KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, Senin (18/4/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Pengecekan dilakukan di garasi bus PO Raya, PO SAN, Ekspedisi Hyra, dan Ekspedisi Kobra. Petugas gabungan secara acak mengecek kondisi bus yang ada,” jelas Sri Wuri melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, kegiatan itu untuk memastikan bus dalam kondisi layak jalan menjelang arus mudik Lebaran. Sri Wuri menjelaskan pengecekan mencakup perlengkapan bus, seperti lampu, wiper, ban, mesin, maupun surat-surat kendaraan.

Baca Juga : Lubang di Jalan Ahmad Yani dan Diponegoro Kartasura Ditambal

“Pengecekan dimaksudkan memastikan kondisi bus layak jalan. Hal itu sangat penting apalagi sebentar lagi masa arus mudik Lebaran. Bus ini kan juga digunakan mengangkut pemudik. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar layak jalan,” jelasnya.

Pada saat pengecekan, menurutnya, seluruh bagian bus dicek secara teliti. Petugas juga naik ke kabin untuk mengecek perlengkapan keselamatan di dalam. Tak hanya itu, petugas dari Satlantas juga mengecek kesehatan sopir.

Pospam Mudik

“Karena nantinya sopir yang akan membawa masyarakat mudik ke wilayahnya masing-masing,” katanya.

Baca Juga : Ini Lokasi Rawan Macet di Jateng saat Mudik Lebaran 2022, Ada 54 Titik

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan pengecekan armada dan sopir perlu dilakukan agar masyarakat merasa aman, nyaman, dan selamat saat menggunakan angkutan umum untuk mudik.

“Dishub dan Polres melakukan pengecekan armada untuk memastikan keamanan angkutan transportasi, terutama masa mudik. Kami ingatkan agar memperhatikan kelayakan sarana transportasi. Jadi benar-benar siap melayani penumpang mudik dan menciptakan mudik yang aman, nyaman, lancar, dan selamat,” ungkapnya.

Dihubungi secara terpisah, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan posko pengamanan arus mudik di Sukoharjo pada tiga lokasi.

Baca Juga : Mudik Lebaran, Calon Penumpang Bus Mulai Padati Terminal di Tangerang

“Posko pengamanan arus mudik di Sukoharjo ada di Kartasura, Pandawa, dan Proliman. Tetap taati peraturan lalu lintas untuk menghidari kemacetan, jaga kesehatan, taati prokes. Semoga selamat sampai tujuan dan sekembalinya,” tutur dia saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Mudik Gratis

Beberapa waktu lalu dia juga mengatakan Pemkab Sukoharjo menyelenggarakan program mudik gratis pada Lebaran 2022. Pemkab menyiapkan dua unit bus untuk perantau atau kaum boro di Jakarta dan sekitarnya. Kuota peserta mudik gratis Lebaran 2022 dibatasi 96 orang.

Dua unit bus itu bakal diberangkatkan bersama ratusan bus lainnya oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Musem Purna Bhakti Pertiwi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 28 April atau H-5 Lebaran.

Baca Juga : Anak di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Tanpa Tes Covid-19, Asalkan…

Pemerintah berupaya memberikan akomodasi bagi para perantau yang hendak pulang ke kampung halaman lewat program mudik gratis Lebaran. Selama dua tahun, pemerintah meniadakan program mudik gratis guna mencegah persebaran pandemi Covid-19.

“Pada 2020 dan 2021, tidak ada program mudik gratis. Pemerintah melarang masyarakat pulang kampung saat Lebaran. Nah, sekarang pemerintah kembali menggulirkan program mudik gratis setelah capaian vaksinasi Covid-19 cukup tinggi dan kasus terus menurun,” katanya, Jumat (15/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya