SOLOPOS.COM - Foto Aktivitas Belanja Makanan di Pasar Sore Ramadan JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, BANTUL– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mewaspadai “pasar tumpah” atau pedagang yang menggelar dagangannya hingga badan jalan selama arus mudik dan balik Lebaran 2014 di wilayah setempat.

“Ada beberapa titik jalur mudik yang perlu diwaspadai karena rawan macet yang diperparah dengan pasar tumpah, seperti di Pasar Mangiran Jalan Srandakan,” kata Kepala Dishub Bantul, Suwito, Jumat (11/7/2014).

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Selain Pasar Mangiran, kata dia pasar tradisional di Bantul yang berpotensi tumpah dan mengganggu lalu lintas kendaraan karena lokasinya di tepi jalan adalah Pasar Gumulan Caturharjo Pandak, pasar tersebut akan ramai pedagang kebutuhan sehari-hari saat Lebaran.

Ekspedisi Mudik 2024

“Potensi kemacetan arus lalu lintas akibat pasar tumpah ini yang perlu kami pikirkan, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk pengaturan lalu lintas agar kemacetan tidak semakin parah,” katanya.

Untuk mengupayakan hal itu, kata dia pihaknya akan menyiagakan beberapa personel perhubungan di sekitar kawasan tersebut dengan berkoordinasi dengan unit lalu lintas Kepolisian Resor (Polres) Bantul.

“Ada sebanyak 46 petugas yang kami terjunkan untuk bersiaga di beberapa persimpangan jalur-jalur mudik dan balik Lebaran yang ada di Bantul, termasuk beberapa titik-titik yang rawan kemacetan,” katanya.

Sementara itu, kata dia menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2014, pihaknya berkoordinasi dengan Polres setempat akan menyiapkan beberapa pos pantau di beberapa persimpangan, dalam setiap pos akan disiagakan petugas perhubungan.

“Kami juga dirikan pos induk di Jalan Parangtritis depan Pasar Seni Gabusan, selain sebagai pusat koordinasi berkaitan arus mudik dan balik, di pos Induk kami siapkan angkutan Lebaran gratis bagi warga Bantul yang terlantar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya