Disetujui DPR Jadi Kapolri, Komjen Listyo Sigit Langsung Bahas Rencana Aksi Polisi Presisi
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ikut uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Jalan Komjen Listyo Sigit menuju kursi Kapolri berjalan mulus. DPR menyetujui Kepala Bareskrim Polri itu menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Rapat paripurna pengambilan keputusan Komjen Sigit menjadi Kapolri digelar di Gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021). Rapat dipimpin oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil uji tersebut, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Siap Bawa Hukum Tajam ke Atas, Ini Janji-Janji Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit

"Komisi III menyadari dan menyadari bahwa kecakapan, integritas, dan kompetensi calon Kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, dalam rapat paripurna tersebut.

Setelah itu, Puan mengambil alih rapat paripurna. Dia menanyakan kepada seluruh anggota DPR yang hadir, apakah fit and proper test yang dilakukan Komisi III dapat disetujui.

"Apakah laporan Komisi III DPR RI atas uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?" kata Puan.

KontraS Sambut Baik Pencalonan Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Tapi Dengan Sejumlah Catatan

"Setuju," ujar anggota dewan. Sebanyak 233 anggota DPR tak menghadiri rapat paripurna tersebut. Hanya 342 anggota DPR yang hadir baik secara fisik hingga virtual.

Langsung Jalankan Program

Rapat turut dihadiri oleh Komjen Sigit yang duduk di balkon undangan. Sejumlah petinggi Mabes Polri turut hadir mendampingi Komjen Sigit.

Ditemui usai rapat paripurna, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan mengadakan rapat kesiapan. Rapat itu akan membahas rencana aksi program dari makalah 'Presisi' buatan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Keistimewaan Komjen Listyo Sigit, Ikut Fit and Proper Test Diantar Kapolri

"Tentunya setelah ini kami akan segera melakukan rapat kesiapan dalam rangka melaksanakan rencana aksi bagaimana makalah yang bisa kami presentasikan, sehingga semoga bisa menjadi program yang akan kita laksanakan sebagai Kapolri nanti," imbuhnya.

 

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom