Diserbu Pelancong, Wisata Ganja di Kedai Kopi Kian Ngetren di Amsterdam

Walau tidak pernah melegalkan ganja, Belanda mengizinkan penjualan produk ganja tidak lebih dari 5 gram. Wisata ganja pun menjadi salah satu destinasi andalan yang bisa dinikmati wisatawan di kedai kopi di Amsterdam, ibu kota Negeri Kincir Angin itu.

 Ilustrasi Wisata Ganja (Russel Cobb/nytimes.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wisata Ganja (Russel Cobb/nytimes.com)

Solopos.com, AMSTERDAM — Pemerintah Belanda tidak pernah melegalkan ganja. Namun, Negeri Kincir Angin itu mengizinkan penjualan produk ganja dalam jumlah kecil yakni tidak lebih dari 5 gram. Wisata ganja pun menjadi salah satu destinasi andalan yang bisa dinikmati wisatawan di kedai kopi di Kota Amsterdam.

Forbes melaporkan Amsterdam menampung lebih dari 5 juta turis setiap tahun. Sekitar 1,5 juta dari mereka atau 23,4% mengunjungi 164 kedai kopi di Ibu Kota Belanda itu.

Sebuah survei pada 2019 yang melibatkan 1.161 turis asing berusia 18 hingga 35 tahun menyebutkan kedai kopi menjadi faktor penting dalam mendorong atau memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Amsterdam.

Espos Plus

Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

+ PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Manusia 4.500 Tahun dari Situs Song Tritis Gunung Kidul

Kerangka manusia purba yang diduga berusia 4.500 tahun ditemukan di Situs Song Tritis, Dusun Semampir, Semugih, Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

+ PLUS Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

+ PLUS Jalan Senyap Soemeini, Pejuang Wanita Nan Pemberani asal Sragen

Sebagai telik sandi yang bertugas memata-matai pasukan Belanda, jalan hidup Soemeini begitu misterius. Dengan taktik yang tergolong unik, pejuang wanita ini berhasil membujuk satu peleton pasukan dari unsur KNIL yang bermarkas di PG Mojo Sragen kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi pada Mei 1949. 

+ PLUS Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

+ PLUS Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

+ PLUS Pendapatan Industri Game 2021 Lebihi Pendapatan Industri Film dan Musik

Industri game seluler secara global dilaporkan mampu menghasilkan pendapatan sekitar $93,2 miliar pada 2021. Angka itu jauh lebih tinggi dari gabungan pendapatan industri film dan musik yang hanya mencapai $78,46 miliar di tahun yang sama.

+ PLUS Thrifting Baju Bekas, Antara Ancaman Kesehatan dan Mencintai Bumi

Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun ditentang oleh pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

+ PLUS Air Laut di Tujuh Mata Air Pablengan Lereng Gunung Lawu

Tujuh mata air di kawasan wisata Sapta Tirta Pablengan di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Karanganyar, lereng Gunung Lawu, rupanya memilki kandungan komponen air laut yang cukup dominan. 

+ PLUS Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060

Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

+ PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

+ PLUS Soloraya Ladang Ranjau dan Aksi Peledakan Jembatan Pascakemerdekaan 

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan di wilayah Soloraya melahirkan aksi peledakan jembatan dan pemasangan ranjau di sejumlah lokasi, yang terkadang memakan korban dari bangsa sendiri.

+ PLUS Beberapa Pasal RKUHP Mengancam Iklim Usaha dan Investasi

Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang kini belum selesai dibahas DPR bersama pemerintah mengandung pasal-pasal yang mencampuri urusan sektor privat dunia usaha.

+ PLUS Mengenang Bung Hatta, Orde Baru Membunuh Kemandirian Koperasi

Peringatan 120 tahun Mohammad Hatta alias Bung Hatta pada 12 Agustus 2022 mengingatkan pelajaran penting tentang pengelolaan koperasi pada masa rezim Orde Baru.

+ PLUS 3 Prinsip Dasar Sri Prakash Lohia Jadi Orang Terkaya ke-4 di Indonesia

Dalam menjalankan bisnisnya, Sri Prakash Lohia memegang tiga prinsip dasar yang membawanya meraih kesuksesan hingga menjadi orang kaya keempat di Indonesia.

+ PLUS Vorstenlanden Surakarta, Saksi Ramalan Jagabaya Jawa Berkalung Besi

Vorstenlanden Surakarta menjadi saksi ramalan sosok Raja Kediri, Jagabaya mengenai istilah Jawa Berkalung Besi, yang dalam hal ini dimaksudkan sebagai jalur rel dan kereta api.

+ PLUS Kebebasan Berserikat bagi Petani Belum Optimal

Para petani muda yang terhimpun dalam Serikat Petani Indonesia menuntut pemerintah menghentikan diskriminasi terhadap organisasi kemasyarakat petani di luar kelompok tani dan gabungan kelompok tani.

+ PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

+ PLUS Komunikasi dan Sinergi Kunci Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

Sinergi yang kuat dan komunikasi efektif menjadi unsur penting dalam upaya mempercepat diseminasi informasi melalui kanal milik instansi pemerintah untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

+ PLUS “Tamasya” ke Rengasdengklok Memurnikan Kemerdekaan Indonesia

Rengasdengklok menjadi simpul penting proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 yang murni. Tanpa campur tangan atau fasilitas dari Jepang.

+ PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.