Kategori: Jateng

Disebut Tak Salat & Bersyukur di Buku Pelajaran, Ganjar Pranowo: Mungkin Itu Kritik Buat Saya


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, viral di media sosial setelah namanya dicantumkan dalam dua soal pada buku pelajaran. Dalam buku soal itu, Ganjar ditulis tidak pernah bersyukur, serta tidak pernah salat dan berkurban.

Menanggapi hal itu, Ganjar pun angkat bicara. Ia mengaku akan melakukan pengecekan ke penerbit buku soal tersebut guna mempertanyakan motif di balik penggunaannya nama Ganjar.

“Kemarin saya dikirimi yang menyebut nama saya. Itu yang dari Tiga Serangkai [nama penerbit]. Biar nanti dicek teman-teman, untuk klarifikasi dulu, siapa yang menulis, apa motifnya. Biar enggak jadi keributan,” ujar Ganjar kepada wartawan di Semarang, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Viral Soal Ganjar Tidak Bersyukur di Buku Pelajaran, Ini Kata Ganjar Pranowo

Kendati demikian, Ganjar Pranowo menilai soal tersebut menjadi sebuah kritik yang membangun kepadanya dan semua pemilik nama Ganjar.

“Mungkin itu kritik buat saya, supaya salatnya harus kenceng. Iduladha juga harus menyembelih sapi. Mungkin kritik ke Ganjar, tapi kan [pemilik nama] Ganjar kan banyak,” imbuhnya.

Ada dua foto soal yang mencantumkan nama Ganjar itu yang tersebar di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah adalah akun Twitter @eko_kuntadhi.

Baca juga: Weladalah! Maling Bersenjata Celana Dalam Wanita Gerilya di Sukabumi

Selain mengunggap foto dua soal itu, pemilik akun juga menulis kata-kata di bawahnya terkait dugaan serangan terhadap nama Ganjar Pranowo.

“Wah, serangan sudah mulai diarahkan ke Ganjar. Mengerikan pola kayak gini,” tulis pemilik akun tersebut.

Dua foto yang diunggah itu, salah satu tertulis, “Walaupun mendapat rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur dengan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha. Pak Ganjar termasuk orang yang

a. beruntung

b. beriman

c. rugi

d. sukses

Baca juga: Ugal-Ugalan! Bus Mira Tabrak Truk Ayam di Madiun, 1 Orang Tewas

Sementara soal kedua nomor 9 tertulis:

Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur. Sebagai orang Islam, ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang

a. beruntung

b. beriman

c. bangkrut

d. rugi

Baca juga: TKW Sragen Bunuh Diri, Majikan di Arab Saudi Nunggak Bayar Gaji 11 Bulan

Netizen pun berspekulasi soal itu ada hubungannya dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Apalagi sebelumnya juga beredar soal yang menyebutkan nama Anies dan Mega, yang diduga ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Ketua DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita