Proses perekaman data e-KTP. (Dukcapil.kemendagri.go.id)

Solopos.com, SOLO — Pelayanan perekaman KTP-elektronik (e-KTP/KTP-el) di kantor kecamatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo tetap buka pada akhir pekan, Sabtu-Minggu (13-14/4/2019) dan hari libur nasional, Rabu (17/4/2019).

Hal itu merupakan bagian dari piket khusus pelayanan percepatan perekaman dan pencetakan e-KTP. Sekretaris Disdukcapil Kota Solo, Supraptiningsih, mengatakan piket dilakukan menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Ini untuk njagani kalau ada warga Solo yang tinggal di luar daerah yang pulang dan ingin melakukan perekaman atau menukar surat keterangan dengan KTP-el. Selain itu, untuk mencetak KTP-el mereka yang baru berumur 17 tahun di hari itu. Perekaman sudah dilakukan saat berumur 16 tahun, tapi pencetakan baru bisa dilakukan saat pas berumur 17 tahun,” kata dia, saat dihubungi solopos.com, Sabtu (13/4/2019).

Prapti menjelaskan perekaman e-KTP dilayani sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Pencetakan e-KTP dilakukan hari itu juga, sehingga mereka tak perlu menunggu keesokan harinya. Jumlah blangko e-KTP pun juga mencukupi dan sudah didistribusikan ke kantor kecamatan.

“Pada Sabtu ini yang melakukan rekam sekaligus mencetak KTP-el berjumlah 40an orang. Itu hanya di Disdukcapil, karena data dari lima kecamatan belum masuk ke kami,” jelasnya.

Akhir Maret lalu, Disdukcapil Kota Solo kembali memanggil 334 warga yang masih belum melakukan perekaman data pasca pemblokiran 9 Februari lalu. Jumlah itu terus berkurang lantaran setiap hari selalu ada warga yang merekam. 

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut perekaman e-KTP sudah mencapai 98 persen penduduk yang sudah berhak mendapat identitas itu. Namun, masih ada permasalahan belum diterimanya kartu e-KTP di sejumlah daerah, terutama, karena terkait kekosongan blangko e-KTP.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten