Disdikbud Jateng Klaim PPDB Jateng 2022 Bebas 'Surat Cinta'

Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah, memastikan PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri bebas dari siswa titipan atau 'surat cinta'.

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng yang baru saja dilantik, Uswatun Hasanah. (Solopos.com-Humas Disdikbud Jateng)

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng yang baru saja dilantik, Uswatun Hasanah. (Solopos.com-Humas Disdikbud Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah atau Disdikbud Jateng memastikan proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB tahun 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri di wilayahnya bebas dari segala bentuk kecurangan atau siswa titipan, yang disebut sebut sebagai ‘surat cinta’.

Hal itu disampaikan Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah, yang mengklaim proses PPDB SMA dan SMK Negeri Jateng 2022 sangat menjunjung integritas. Dengan semangat itu, panitia PPDB Jateng 2022 pun tidak pernah menerima adanya siswa titipan dari orang tua atau wali murid dengan mengandalkan lobi kekuasaan atau pejabat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Kami menyebut itu ‘surat cinta’. Istilahnya ‘surat cinta’ karena mereka begitu mencintai kami. Tapi, kami menjunjung integritas, di dalamnya ada unsur kejujuran. Kita juga memegang sekali apa yang disampaikan Pak Gubernur [Ganjar Pranowo] saat launching di Tawangmangu yang menyatakan tidak boleh ada titip-titipan. Kalau titip salam boleh,” ujar Uswatun di kantornya, Senin (4/7/2022).

Uswatun menilai kecurangan dalam PPDB dengan meloloskan siswa ke suatu sekolah tanpa proses yang benar akan merugikan calon peserta didik yang lain. Siswa yang seharusnya diterima di suatu sekolah, karena ada kecurangan menjadi tergeser.

“Sampai saat ini, kami di 13 cabang dinas pendidikan juga berkomitmen menjaga integritas itu. Sehingga, peserta didik yang menempati satuan pendidikan adalah yang melalui proses yang seharusnya,” tegas Uswatun.

Baca juga: Hasil PPBD Jateng 2022 Diumumkan, Ini Jumlah Peserta yang Diterima

Tak hanya di tingkat pejabat, Uswatun menyebut validitas data dalam PPDB Jateng 2022 juga ditaat di tingkat operator sekolah. “Operator sekolah kami bekali dengan sikap integritas. Jadi, mereka juga tidak bisa menerima siswa titipan,” terangnya.

Sementara itu, hasil seleksi PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri diumumkan melalui situs web ppdb.jatengprov.go.id, Senin (4/7/2022). Hasilnya, dari 288.739 calon peserta didik yang mendaftar ada sekitar 216.107 orang yang diterima.

“Jumlah lulusan [SMP/MTS] mencapai 522.295 orang. Daya tampung SMA/SMK Negeri mencapai 217.745 orang, yang diterima 216.107 peserta didik atau 99,25 persen dari daya tampung,” ujar Uswatun.

Baca juga: Lengkap! Ini Jumlah Siswa Yang Diterima Di 8 SMA Negeri Solo Lewat PPDB

Ia pun mengimbau kepada calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah negeri bisa mengisi kekosongan di SMA maupun SMK swasta. Hal itu dikarenakan PPDB Jateng 2022 tidak mengadakan gelombang kedua atau mekanisme siswa cadangan.

“Kalau yang tidak diterima ya sudah, tidak ada siswa cadangan atau gelombang kedua. Sedangkan yang diterima kami minta segera melakukan daftar ulang, mulai 5-7 Juli 2022,” tegasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Berita Terkini

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.

      Rumah Subsidi di Semarang, Lokasinya di Pinggiran, Rata-Rata Rp150 Juta

      Rumah subsidi menjadi pilihan pekerja di Kota Semarang meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

      HUT RI, SD Muhammadiyah Plus Salatiga Kibarkan 360 Bendera Merah Putih

      SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengibarkan 360 bendera merah putih pada Selasa (16/8/2022) dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

      HUT ke-77 RI, BRT di Semarang Gelar Promo Tarif Rp77

      Bus rapid transit atau BRT di Semarang, yakni Bus Trans Semarang, menggadakan promo tarif untuk menyambut HUT ke-77 RI.

      Diringkus! 2 Pelaku Pengeroyokan & Pembunuhan di Kaliwungu Kendal

      Aparat Satreskrim Polres Kendal meringkus dua pelaku pengeroyokan yang menyebabkan satu pemuda di Kaliwungu Selatan, Kendal, meninggal dunia.