SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng yang baru saja dilantik, Uswatun Hasanah. (Solopos.com-Humas Disdikbud Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah atau Disdikbud Jateng memastikan proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB tahun 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri di wilayahnya bebas dari segala bentuk kecurangan atau siswa titipan, yang disebut sebut sebagai ‘surat cinta’.

Hal itu disampaikan Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah, yang mengklaim proses PPDB SMA dan SMK Negeri Jateng 2022 sangat menjunjung integritas. Dengan semangat itu, panitia PPDB Jateng 2022 pun tidak pernah menerima adanya siswa titipan dari orang tua atau wali murid dengan mengandalkan lobi kekuasaan atau pejabat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menyebut itu ‘surat cinta’. Istilahnya ‘surat cinta’ karena mereka begitu mencintai kami. Tapi, kami menjunjung integritas, di dalamnya ada unsur kejujuran. Kita juga memegang sekali apa yang disampaikan Pak Gubernur [Ganjar Pranowo] saat launching di Tawangmangu yang menyatakan tidak boleh ada titip-titipan. Kalau titip salam boleh,” ujar Uswatun di kantornya, Senin (4/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Uswatun menilai kecurangan dalam PPDB dengan meloloskan siswa ke suatu sekolah tanpa proses yang benar akan merugikan calon peserta didik yang lain. Siswa yang seharusnya diterima di suatu sekolah, karena ada kecurangan menjadi tergeser.

“Sampai saat ini, kami di 13 cabang dinas pendidikan juga berkomitmen menjaga integritas itu. Sehingga, peserta didik yang menempati satuan pendidikan adalah yang melalui proses yang seharusnya,” tegas Uswatun.

Baca juga: Hasil PPBD Jateng 2022 Diumumkan, Ini Jumlah Peserta yang Diterima

Tak hanya di tingkat pejabat, Uswatun menyebut validitas data dalam PPDB Jateng 2022 juga ditaat di tingkat operator sekolah. “Operator sekolah kami bekali dengan sikap integritas. Jadi, mereka juga tidak bisa menerima siswa titipan,” terangnya.

Sementara itu, hasil seleksi PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK negeri diumumkan melalui situs web ppdb.jatengprov.go.id, Senin (4/7/2022). Hasilnya, dari 288.739 calon peserta didik yang mendaftar ada sekitar 216.107 orang yang diterima.

“Jumlah lulusan [SMP/MTS] mencapai 522.295 orang. Daya tampung SMA/SMK Negeri mencapai 217.745 orang, yang diterima 216.107 peserta didik atau 99,25 persen dari daya tampung,” ujar Uswatun.

Baca juga: Lengkap! Ini Jumlah Siswa Yang Diterima Di 8 SMA Negeri Solo Lewat PPDB

Ia pun mengimbau kepada calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah negeri bisa mengisi kekosongan di SMA maupun SMK swasta. Hal itu dikarenakan PPDB Jateng 2022 tidak mengadakan gelombang kedua atau mekanisme siswa cadangan.

“Kalau yang tidak diterima ya sudah, tidak ada siswa cadangan atau gelombang kedua. Sedangkan yang diterima kami minta segera melakukan daftar ulang, mulai 5-7 Juli 2022,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya