Disdik Dan DKK Solo Bertemu Bahas Antisipasi Hepatitis Akut, Hasilnya?

Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Solo mengadakan pertemuan untuk membahas upaya dan langkah antisipasi penularan hepatitis akut di sekolah-sekolah.

 Ilustrasi urgensi kewaspadaan mencegah hepatitis akut dan parah pada anak-anak dengan perilaku hidup bersih dan sehat. (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi urgensi kewaspadaan mencegah hepatitis akut dan parah pada anak-anak dengan perilaku hidup bersih dan sehat. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengadakan pertemuan untuk membahas antisipasi penularan hepatitis akut di lingkungan sekolah, Rabu (18/5/2022).

Seperti diketahui, di tengah pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah mulai berlaku muncul ancaman baru terhadap kesehatan yang mengintai. Hepatitis akut kini menjadi ancaman, meskipun belum ada temuan kasus atau suspek hepatitis akut di Kota Solo sejauh ini.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Mengantisipasi hal tersebut, Disdik Solo menyatakan sudah memberikan pengarahan kepada setiap sekolah untuk terus menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tidak terkecuali untuk kantin sekolah yang menjajakan makanan bagi para siswa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Solo Hery Mulyono saat dihubungi Solopos.com, Rabu (18/5/2022), mengatakan sudah berkomunikasi dengan DKK terkait antisipasi hepatitis akut. “Barusan ada pertemuan dengan DKK untuk langkah antisipasi penyebaran hepatitis akut di TK, SD dan SMP,” ujarnya.

Disdik juga sudah memberikan surat edaran kepada sekolah-sekolah untuk menjaga kebersihan dan menaati protokol kesehatan saat PTM.

Baca Juga: Begini Upaya DKK Dan RS Kota Solo Antisipasi Kasus Hepatitis Akut

“Saya sudah buat edaran sebelumnya ke TK, SD, SMP untuk mengawasi para pedagang di sekolah menaati protokol kesehatan seperti selalu memakai masker. Menjaga protokol kesehatan itu juga termasuk menjaga kebersihan makanan,” ujarnya.

Petunjuk Teknis

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan DKK Solo, Sri Rahayu Susilawati, menjelaskan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi sudah dilakukan sesuai petunjuk teknis surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut.

“[Pasien] Diperiksa di puskesmas. Kalau puskesmas tidak mampu bisa dirujuk dan rumah sakit [RS] siap,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Mungkinkah Hepatitis Akut Misterius Terkait Covid-19?

Dia mengatakan semua RS di Kota Solo yang biasa menangani pasien hepatitis sudah siap memberikan pelayanan jika ada kasus suspek hepatitis akut. RS diminta menyediakan ruang isolasi bagi pasien.

“Ruang isolasi bisa memakai ruang isolasi yang pernah digunakan untuk perawatan pasien Covid-19. Memang harus sekian persen rumah sakit menyediakan ruang isolasi,” paparnya.

Menurut Rahayu, proses penapisan hepatitis akut berbeda dengan Covid-19 yang sudah ketahuan virusnya dengan uji laboratorium. Penapisan dilakukan dengan cara memilah.

Baca Juga: Waspadai Hepatitis Akut, Begini Cara Adenovirus Masuk ke Tubuh

Misalnya satu sampel bukan termasuk Hepatitis A dan hepatitis lainnya. “Kami terus melakukan koordinasi bersama IDAI [Ikatan Dokter Anak Indonesia] dan rumah sakitnya,” paparnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

Guru Silat Remaja Wonogiri yang Hamil Mau Tanggung Jawab, Tapi...

Guru silat remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu disebut mau bertanggung jawab atas kehamilan anak didiknya.

Remaja Wonogiri Hamil 5 Bulan, Ayahnya: Perut Kelihatan Buncit

Ayah remaja Wonogiri yang kini sedang hamil lima bulan setelah setahun hilang menyebut perut anaknya mulai membuncit.

Jembatan Mojo-Jurug B Solo Direhab, DPRD: Jangan Sampai Seperti Jonasan

Ketua Komisi III DPRD Solo YF Sukasno mengingatkan Pemkot agar mengantisipasi jangan sampai rehab proyek Jembatan Mojo dan Jembatan Jurug B justru merusak jembatan lain.

Listrik Dari PLTSa Putri Cempo Solo Bakal Dibeli PLN, Segini Harganya

Listrik dari PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang rencananya beroperasi mulai Desember 2022 mendatang akan dibeli oleh PT PLN.

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Kereta Kuda dan Permainan Volume Besar Dilarang di CFD Klaten

CFD Jl Mayor Kusmanto Klaten digelar di sepanjang ruas jalan dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Begini Alasan Organda Wonogiri Pamor Bus Bumel Makin Menurun

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri, Edi Purwanto, menyebut menurunnya pamor bus bumel tak terlepas oleh sikap masyarakat yang memiliki kecenderungan mulai meninggalkan transportasi umum.

Polisi Selidiki Kasus Meninggalnya Warga Sragen Wetan, Ada Kejanggalan?

Polres Sragen tengah menangani kasus kematian seorang ibu di Sragen Kota yang dinilai ada kejanggalan

Warung Makan Solet di Makamhaji Kartasura, Lokasi Ndelik Tapi Ramai

Warung Solet menyajikan aneka menu masakan jawa. 

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.