Kategori: Nasional

Disambut Hangat DPR, Jalan Komjen Pol Listyo Sigit Bakal Mulus Jadi Kapolri


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SOLO -- Jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo menuju kursi Kapolri tampaknya tak akan menemui kendala berarti. Selain menjadi satu-satunya nama yang diusulkan Presiden Joko Widodo, sambutan kalangan DPR terhadap sang Kabareskrim itu pun terbilang hangat.

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, menyambut baik usulan pencalonan Listyo Sigit jadi Kapolri. Ia meyakini Listyo akan bersikap profesional dalam memimpin Korps Bhayangkara dan dapat mengayomi masyarakat.

"Pesan saya, secara Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, bagaimana membentuk profesionalitas dari institusi Polri dalam mengayomi dan melindungi masyarakat dengan proporsional dan ideal," kata Azis di kompleks DPR, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

Menurut dia, sikap mengayomi dan melindungi masyarakat secara proporsional serta ideal perlu. Sehingga, pendapat yang pro dan kontra terkait pencalonan Listyo Sigit bisa terjawab dengan prestasi.

Azis menilai Listyo Sigit secara prestasi di internal Polri di atas rata-rata, misalnya telah menduduki posisi Kepala Bareskrim. "Terkait dengan rekam jejak, masing-masing pihak pasti memiliki penilaian. Kalau ada yang pro dan kontra, itu biasa," ujarnya.

Menyinggung soal tahun angkatan Listyo Sigit di kepolisian, yaitu tahun 1991, yang dinilai banyak pihak terlalu muda, menurut Azis, sudah ada preseden terkait dengan hal itu.

Profil Calon Tunggal Kapolri : Mantan Kapolres Solo yang Pernah Jadi Ajudan Jokowi

Azis mencontohkan ketika Tito Karnavian menjadi Kapolri, banyak pihak mengatakan bahwa Tito terlalu muda. Namun, ternyata yang bersangkutan bisa mengayomi dan melakukan manajemen kontrol di internal Polri.

"Selain itu, secara eksternal dapat bekerja sama dengan mitra kerja dan dapat memberikan suatu pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat," ujarnya.

Yakin Diterima DPR

Sambutan hangat juga ditunjukkan Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid. Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu mengatakan mengenal Listyo Sigit sebagai jenderal yang memiliki prestasi dan secara pribadi orangnya kalem.

"Saya yakin DPR akan menerima nama calon yang diusulkan oleh Bapak Presiden. Sekali lagi selamat untuk Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo," ujarnya.

Presiden Jokowi Divaksin, Tangan Tremor Si Dokter Disorot Netizen

Menurut dia, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian, DPR memiliki hak menerima atau tidak menerima usulan Presiden. Dia menjelaskan, apabila dalam 20 hari tidak ada balasan dari DPR maka otomatis pencalonan Listyo Sigit akan berlaku.

"Namun karena Komjen Pol. Listyo Sigit ini sudah sesuai syarat kepangkatan dan lainnya, saya yakin DPR tidak ada alasan untuk tidak menerima," tuturnya.

Sebelumnya, DPR RI menerima Surat Presiden tentang Nama Calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia atas nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy