Tutup Iklan

Disambati Warga Soal Joki Kartu Prakerja, Ini Kata Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto, menyebut joki kartu prakerja merupakan tindak pidana dan perlu diberantas.

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto usai berdialog dengan penerima Program Pelatihan Prakerja di Sleman, Jumat (8/10/2021). (Harian Jogja - Abdul Hamid Razak)

SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto usai berdialog dengan penerima Program Pelatihan Prakerja di Sleman, Jumat (8/10/2021). (Harian Jogja - Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN — Maraknya kasus joki Program Pelatihan Prakerja atau yang populer dikenal dengan kartu prakerja membuat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, angkat bicara. Airlangga menilai joki kartu prakerja merupakan tindak pidana yang perlu diberantas.

Persoalaan joki kartu prakerja itu diungkap Koordinator Alumni Program Pelatihan Prakerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Nurul Hestiningtya, saat Airlangga berkunjung ke Sleman, Jumat (8/10/2021).

“Si joki ini tahu insentifnya Rp2,4 juta. Jadi ia bagi hasil dengan yang punya KTP, dikasih Rp200.000,” kata warga Pundong, Kabupaten Bantul itu.

Baca juga: Gelombang 21 Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini, akan Ada Lagi Enggak Ya?

Ia menyebut kasus tersebut terjadi saat gelombang-gelombang awal pelatihan. Gelombang keempat input NIK saja bisa. Saat ini, katanya, joki kartu prakerja sudah susah melakukan aksinya karena syarat untuk mengikuti program ini semakin sulit. “Kayaknya peluang menjadi joki sudah diminimalisasi,” katanya.

Menanggapi hal itu, Airlangga mengajak alumni prakerja untuk ikut memberantas para joki kartu prakerja. Caranya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait joki kartu prakerja.

“Joki pelatihan prakerja sebetulnya sudah bisa tangkap dari beberapa aplikasi, seperti face recognition tetapi regulasinya jelas, joki itu merupakan kejahatan. Pidana,” katanya.

Menurutnya, dari beberapa kasus ada yang dilaporkan ke Bareskrim Polri. Jika ada yang menyalahgunakan seperti mengambil e-KTP masyarakat nanti akan dipidana. “Ada beberapa yang sudah dilaporkan ke Bareskrim. Sedang diproses,” katanya.

Ia juga mengajak para alumni untuk ikut memberantas para joki dengan cara mengedukasi masyarakat agar melakukan pendaftaran sendiri dan tidak menggunakan joki.

“Tahun depan program prakerja masih akan dilanjutkan. Enam bulan pertama masih sama sistemnya, dan enam bulan kedua kami lihat situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Baca juga: Menko Perekonomian Airlangga Klaim Indikator Ekonomi Mulai Membaik

Dampak program Pelatihan Prakerja ini, katanya menyentuh semua sektor. Salah satunya sektor pariwisata di mana peserta dibekali dengan bahasa inggris ataupun sebagai pemandu wisata.

“Pemerintah kan dorong even besar setelah PON, seperti even internasional di Mandalika Superbike, rangkaian dari MotoGP tahun depan,” katanya.

Airlangga mengatakan pendaftar program Pelatihan Prakerja saat ini mencapai 75 juta orang. Mereka diseleksi dan mendapatkan pelatihan. Ada yang kembali bekerja ada yang memulai berbisnis dan mulai memiliki omzet yang stabil.

“Kemudian BNI memberikan KUR hingga Rp100 juta dengan bunga 3 persen saja tanpa agunan. Penerima pertama selama enam bulan tidak membayar bunga, tapi dibayar mulai bulan ketujuh,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Video Seks Disebar Pacar, Siswi SMA Ini Stres Sampai Begini

Seorang siswi SMA di Lampung berniat bunuh diri setelah mengetahui sang pacar menyebarkan video seks mereka.

Siapakah Leluhur Orang Jawa? Ini Asal-Usulnya

Inilah asal-usul leluhur orang Jawa yang menjadi suku terbesar di Indonesia.

Cerita Orang Jawa & Melayu, Serumpun Tapi Tak Sama

Sejarah mencatat dulu orang Jawa dan Melayu dianggap sebagai bangsa serumpun, namun ternyata memiliki perbedaan karakter yang kentara.

Pimpinan MPR Protes Anggaran Turun, Begini Penjelasan Kemenkeu

Lonjakan Covid-19 akibat varian Delta menjadikan seluruh anggaran Kementerian/Lembaga harus dilakukan refocusing 4 kali.

8 Dugaan Pelanggaran KSP Sejahtera Bersama dengan Tagihan Rp8,8 Triliun

Berikut delapan dugaan pelanggaran asas-asas koperasi yang berakibat gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama dengan total tagihan hingga Rp8,8 triliun dari 58.825 anggota se-Indonesia.

Kisah Wanita 74 Tahun Menikah dengan Sapi, Ternyata Ini Alasannya

Seorang perempuan berusia 74 tahun secara mengejutkan menikahi seekor sapi yang telah menciumnya.

Dirilis! Ini Daftar Lengkap UMK Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah 2022

Berikut ini terdapat daftar upah minimum kabupaten/kota (UMK) se-Jawa Tengah 2022 yang ditetapkan Gubernur Ganjar Pranowo.

Solopos Hari Ini: UMK Tak Jauh dari UMP

Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya.

Sejarah Hari Ini : 1 Desember 1941, Jepang Putuskan Perang Lawan AS

Keputusan Jepang berperang melawan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II menjadi salah satu peristiwa yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 1 Desember.

Catat! Objek wisata Kawasan Gunung Rinjani Tutup Sampai Maret 2022

Objek wisata alam di kawasan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup dari 29 November 2021 sampai 31 Maret 2022.

Jambret Dibekuk Berkat Aksi Berani Pemotor Nabrak dari Belakang

Pengendara sepeda motor itu menabrak kendaraan kedua pelaku yang baru saja merampas handphone milik seorang pelajar yang berjalan ke sekolah.

Tragedi Bekasi: Dendam lalu Memutilasi Teman Jadi 10 Bagian

Kepolisian mengungkapkan kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap seorang pria berinisial RS yang jasadnya dibuang di Kabupaten Bekasi, bermotif dendam.

Peredaran Sabu-Sabu 100 Kilogram Digagalkan Polda Aceh

Peredaran narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 100 kilogram digagalkan Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh.

Sopir Melawan Arus di Tol Alami Demensia, Ini Penjelasannya

Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.

Jadi Tersangka, Sopir Pikun yang Melawan Arah di Tol Tak Ditahan

Sopir Mercy tersebut tidak ditahan dikarenakan yang bersangkutan mengidap demensia atau penurunan daya ingat alias pikun.