SOLOPOS.COM - Ignasius Jonan saat masih menjadi Dirut PT KAI. (JIBI.Bisnis Indonesia/Endang Muchtar)

Ignasius Jonan, Dirut PT KAI. (JIBI.Bisnis Indonesia/Endang Muchtar)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegur dan menasihati Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan yang dinilai mengancam akan menampar wartawan detik.com dalam suatu acara, sore kemarin, Senin (18/2/2013).

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Menurut Dahlan, Ignasius dianggap kurang banyak senyum selama ini, terutama saat bertemu pemburu berita. Untuk itu, dia menasihati orang nomor satu di KAI itu agar murah senyum. Dia menyebut maksud Ignasius saat itu hanya ingin bercanda kepada wartawan yang menanyakan tentang kelanjutan kereta api bandara. Namun, ujar Dahlan, hal itu dianggap serius karena dia menunjukkan tampang masam saat diwawancarai.

“Saya tegur beliau. Untuk jabatan CEO atau direktur utama, pribadinya harus berubah. Harus murah senyum kepada siapapun, terutama kepada wartawan. Saya tahu maksudnya bercanda. Saya juga sama-sama dari Surabaya begitu, tetapi bila dipadu dengan senyum, maka rasanya tidak menyakitkan,” ujarnya usai menyelenggarakan rapat pimpinan di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Dahlan menuturkan saat ini termasuk era keterbukaan sehingga transparansi penting. Sosok pribadi tidak bisa disembunyikan, terutama pribadi seseorang yang sering muncul di publik. “Pak Ignasius sering ngirim foto ke saya, tapi saya bilang selalu kurang [senyum],” ujarnya sambil tertawa.

Selain menasihati Ignasius, Dahlan juga mengkritik seluruh direktur utama perusahaan pelat merah yang kurang senyum, seperti Direktur Utama Pelindo II RJ Lino, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, dan sejumlah direktur utama lainnya.

Sebelumnya, Forum Wartawan Perhubungan menyesalkan pernyataan Direktur Utama Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan yang mengancam akan menampar wartawan detik.com. Ketua Forum Wartawan Kementerian Perhubungan Budi Nugraha menyesalkan munculnya kata ancaman tempeleng yang dilontarkan Ignasius seusai acara MoU Ditjen Perkeretaapian-PT KAI-Pemda Bekasi terkait dengan rencana pembangunan stasiun baru Stasiun Telaga Murni Bekasi, Senin (18/2) pukul 15:00 di Lantai 2 Gedung Karsa Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya