Dirut Bulog Lakukan Panen Padi Perdana di Pabelan Kartasura Sukoharjo
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, melakukan panen padi perdana di areal persawahan belakang Rumah Sakit UNS di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (21/6/2019). (Solopos/Iskandar)

Solopos.com, SUKOHARJO-Perum Bulog bekerja sama dengan UNS melakukan panen padi perdana di areal persawahan belakang Rumah Sakit UNS di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (21/6). Panen dilakukan Rektor UNS, Jamal Wiwoho, bersama Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Buwas), beserta beberapa pejabat Bulog dan Bank BNI.

Setelah itu Direktur Pengembangan Bisnis dan lndustri Perum Bulog, Imam Subowo, dan Wakil Rektor IV Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sajidan, menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama terkait pengembangan pangan di Soloraya. Penandatanganan disaksikan oleh Buwas dan Jamal Wiwoho, sejumlah petani binaan UNS dan Bulog di Soloraya.

“Kerja sama ini bertujuan menciptakan pemberdayaan pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani melalui penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan potensi lahan, teknologi dan manajemen budidaya. Selain itu perlu, penyediaan modal usaha pertanian sekaligus memudahkan akses pasar bagi petani berdasarkan prinsip saling menguntungkan,” ujar Buwas pada Panen Perdana Padi Kerja Sama Bulog, UNS, BNI, dan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Ikatani di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (21/6/2019).

Menurut dia penandatanganan MoU ini merupakan awal kerja sama yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lebih rinci. Diharapkan kerja sama ini mampu menghasilkan produk pangan berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat serta memberikan jaminan modal dan kepastian pasar bagi petani.

Dia mengungkapkan MoU yang berlaku lima tahun ke depan ini memiliki beberapa ruang lingkup kerja sama di antaranya meliputi kegiatan pengelolaan on farm, pemanfaatan teknologi pengolahan lahan dan budidaya yang modern, serta manajemen dan penanganan pascapanen.

Penandatanganan MoU ini, ujar dia, merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Bulog Subdivre Surakarta dengan Fakultas Pertanian UNS terkait on farm kemitraan yang dilakukan Februari 2019.

Pada kegiatan pagi kemarin Buwas dan Rektor UNS melakukan panen perdana padi kerja sama on farm kemitraan Bulog Subdivre Surakarta dengan UNS. Hamparan padi yang dipanen seluas dua hektare di Desa Pabelan.

Taksiran produktivitas on farm kemitraan ini sekitar tujuh ton per hektare. Sedangkan gabah kering panen hasil on farm ini akan dibeli Bulog dengan harga Rp4.070 per kilogram sesuai harga pembelian pemerintah (HPP) dan akan diolah di Unit Pengolahan Bulog Grogol, Sukoharjo.

Dalam pelaksanaannya, on farm tersebut dilakukan pada lahan milik UNS dengan menggunakan modal kerja dari himpunan bank-bank milik Negara (Himbara) dan melibatkan kelompok petani binaan UNS serta Perum Bulog selaku penyerap hasil panen.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom