Diresmikan Presiden, Terminal Kijing Dibangun dengan Dana Rp2,9 Triliun

Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat diproyeksikan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

 Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kalimantan Barat meminta Kapolri mengusut tuntas kasus Brigadir J, Selasa (9/8/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kalimantan Barat meminta Kapolri mengusut tuntas kasus Brigadir J, Selasa (9/8/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

Solopos.com, MEMPAWAH — Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat diproyeksikan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

“Ini merupakan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan sehingga harus dapat memperkuat competitiveness, daya saing produk unggulan, khususnya dari Kalimantan Barat,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Selasa (9/8/2022) seperti dilansir Antara.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Presiden juga berpesan agar akses jalan dari pelabuhan menuju Kota Pontianak untuk diperlebar sehingga pembangunan proyek senilai Rp2,9 triliun tersebut benar-benar dapat memperkuat daya saing dan memperbaiki konektivitas antar daerah, antar pulau, hingga antarnegara.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Terminal Kijing merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang pembangunannya dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Menhub mengatakan, pembangunan ini dilatarbelakangi oleh Pelabuhan Pontianak yang semakin terbatas dengan adanya pendangkalan dan lokasinya yang berada di tengah kota.

Baca Juga: Oei Tiong Ham, Raja Gula asal Semarang Paling Tajir se-Asia Tenggara

“Oleh karenanya Kijing diharapkan untuk menggantikan Pelabuhan Pontianak dan memberikan ruang bagi industri-industri untuk tumbuh di Kalimantan Barat,” kata Budi Karya.

Sebagai informasi, detail tahapan pembangunan Terminal Kijing, antara lain untuk Tahap I Inisiasi (2018-2022) dan lanjutan, kemudian diikuti tahap II.

Pada tahap I inisiasi, kapasitas mencakup Terminal Kontainer 500.000 TEUs per tahun, Terminal Curah Cair 5 juta ton per tahun, Terminal Curah Kering 7 juta ton per tahun, dan Terminal Multipurpose berkapasitas 500.000 ton per tahun.

Baca Juga: Rongsokan Kapal Terbakar Hebat di Pelabuhan Panarukan Situbondo

Untuk tahap I lanjutan, kapasitas Terminal Kontainer 950.000 TEUs per tahun, Terminal Curah Cair 8,34 juta ton per tahun, Terminal Curah Kering 15 juta ton per tahun, dan Terminal Multipurpose 500.000 ton per tahun.

Di Tahap II, Terminal Kontainer 1 juta TEUs per tahun, Terminal Curah Cair 3,84 juta ton per tahun, dan Terminal Multipurpose berkapasitas 500.000 ton per tahun.

Sehingga total kapasitas mencapai 1,95 juta TEUs per tahun untuk Terminal Kontainer, 12,18 juta ton untuk Terminal Curah Cair, 15 juta ton per tahun, untuk Curah Kering, dan 1 juta ton per tahun untuk Multipurpose.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Operasional Ramah Lingkungan, Semen Gresik Raih Penghargaan Industri Hijau 2022

      Semen Gresik menerapkan inovasi teknologi yang mengacu pada reduce, reuse, and recycle pada proses produksi, dibarengi penggunaan energi baru terbarukan.

      Perkuat Sinergi, OJK Regional 3 Jateng-DIY Gelar FGD Literasi-Inklusi Keuangan

      Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY menggelar FGD dengan wartawan dalam rangka memperkuat sinergi dan keterbukaan bidang stabilitas sistem keuangan, peningkatan literasi, dan inklusi daerah.

      Ada Promo Makan Sepuasnya Aneka BBQ di Aston Solo Hotel, Harganya Bikin Kaget!

      Aston Solo Hotel kembali memberikan promo makanan, yakni Barbeque Night dengan harga Rp70.000 nett per orang.

      Daftar Lengkap UMP 2023 di 33 Provinsi, Jawa Tengah Paling Rendah

      Berikut adalah daftar lengkap UMP 2023 di 33 provinsi di Indonesia. Jawah Tengah menjadi provinsi dengan UMP 2023 paling rendah yakni Rp1.958.169,69 atau naik 8,01%.

      Diluncurkan, Buku Panduan AKHLAK Culture Journey Jadi Pegangan Insan BUMN

      Buku AKHLAK Culture Journey akan menjadi pedoman bagi seluruh BUMN untuk mengevaluasi dan merefleksi penerapan fundamental AKHLAK di masing-masing BUMN.

      Sinergi BRI-Bio Farma Hadirkan Layanan Business Card Lewat Marketplace Medbiz

      BRI bersinergi dengan PT Bio Farma (Persero) menyediakan layanan perbankan secara holistik di bidang industri farmasi.

      Terungkap! Ini Biang Kerok Harga Telur Ayam Terus Naik

      Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan penyebab naiknya harga telur ayam di pasar saat ini akibat dampak dari afkir dini oleh peternak pada saat stok melimpah dan harga turun di kala momen lebaran lalu.

      Segini Gaji Panglima TNI, Intip Perinciannya

      Gaji panglima TNI terdiri atas gaji pokok sesuai kelas golongan juga tunjangan kinerja dan diperkirakan panglima TNI menerima Rp48.505.700 hingga Rp49.186.300 per bulan

      UMP 2023 Tertinggi di Pulau Jawa, Ini Daftarnya

      DKI Jakarta menjadi provinsi dengan UMP 2023 tertinggi di Pulau Jawa, disusul Provinsi Banten.

      Perusahaan Belanda akan Impor Produk Pertanian Indonesia

      Produk kopi, kemiri, kayu manis, dan lada memiliki peluang besar di pasar Belanda.

      Riset InsightAsia: Inilah 5 Dompet Digital Favorit Masyarakat Indonesia

      Ada lima pilihan favorit masyarakat Indonesia dalam menggunakan dompet digital atau e-wallet.

      Peringati Hari Menanam Pohon 2022, PLN Tanam 19.000 Pohon di Sejumlah Wilayah

      PLN secara serentak melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa penanaman pohon di sejumlah wilayah di Indonesia.

      Yuk Borong, Harga Jual Emas di Pegadaian Selasa, 29 November 2022 Variatif

      harga emas yang dijual di Pegadaian pada Selasa (29/11/2022) bervariatif antara emas UBS dan Antam.

      IHSG Berpotensi Turun Terbatas, Ini Rekomendasi Saham

      Pelemahan ini tercermin dari IHSG yang masih dalam pola triangle, dari candle lower low dan penutupan di bawah 5 Day MA.

      Duh, Separuh Produksi Rokok Nasional Sudah Gunakan Tembakau Impor

      Infrastruktur kebijakan dalam produksi hasil tembakau dinilai saat ini belum sepenuhnya berpihak kepada rakyat.