Diresmikan Presiden Jokowi, Tiga Bandara Ini Masih Sepi dari Penumpang

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin mengakui bandara di sejumlah daerah di Indonesia sepi penumpang.

 Ilustrasi penerbangan kargo di Bandara Internasional Jawa Barat (Jabar) Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Dok Humas Pemprov Jabar)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerbangan kargo di Bandara Internasional Jawa Barat (Jabar) Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo sejak 2018 lalu hingga kini masih sepi penumpang.

Salah satu bandara, Bandara JB Soedirman, sempat viral setelah videonya tersebar ke media sosial.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin mengakui bandara di sejumlah daerah di Indonesia sepi penumpang.

Karenanya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan mempertemukan dengan para maskapai agar berpartisipasi mengaktifkan kembali penerbangan pascapandemi Covid-19.

Baca Juga: Asyik! Bandara Purbalingga Layani Penerbangan Lagi

Nur Isnin menjelaskan koordinasi telah dilakukan bersama dengan pemda terkait seperti Blora, Bojonegoro, Purbalingga, Banjarnegara, dan lainnya untuk ikut berpartisipasi bersama meramaikan layanan penerbangan.

Termasuk juga, kata dia, dengan mempertemukan pemda dengan maskapai bersama-sama.

“Proses sedang berjalan, karena ini juga menyangkut aspek regulasi keuangan daerah sehingga perlu proses hati-hati walau itikad bersama sudah ada,” ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: IKN Nusantara di Bawah Ancaman Kota yang Membusuk

Isnin memprioritaskan agar maskapai bisa mengalokasikan jenis pesawat ATR-72 untuk melayani rute penerbangan di Bandara Ngloram dan Bandara JB Soedirman.

Persoalan ini, sebutnya, masih membutuhkan waktu lantaran maskapai masih harus mengatur ulang rotasi pesawat dengan kondisi ketersediaan jumlah pesawat kini.

“Untuk itu, kami juga mendorong airline untuk dapat menambah armada dlm hal ini ATR-72 sejenis sehingga dapat lebih melayani masyarakat di wilayah lokasi bandara sekelas Ngloram dan Purbalingga tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga: Status Pandemi Belum Dicabut, Epidemiolog Dukung Perpanjangan PPKM

Berdasarkan catatan Bisnis.com, tercatat setidaknya ada tiga bandara yang belum lama dibangun tetapi masih sepi penumpang terimbas pandemi.

1. Bandara JB Soedirman

Bandara ini sempat viral sepi penumpang lantaran dari situs pembelian tiket pesawat daring, tidak terdapat jadwal penerbangan dan maskapai yang melayani penerbangan di bandara yang terletak di Purbalingga ini.

Padahal saat dibuka, maskapai Citilink telah membuka penerbangan dengan tujuan Jakarta-Purbalingga dan sebaliknya.

Namun hingga kini belum ada maskapai yang melayani penerbangan ini.

Baca Juga: Sejumlah Maskapai Asing Buka Penerbangan Langsung ke RI Selain Bali

Bandara ini diresmikan pada Juni 2021 lalu. Wings Air juga sempat menerbangi bandara tersebut dari Pondok Cabe pada 5 Agustus 2022 tetapi rute penerbangan itu kembali ditutup pada 19 Agustus 2022 karena sepi penumpang.

Kementerian Perhubungan menyebut pembangunan Bandara JB Soedirman menelan anggaran Rp350 miliar yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

2. Bandara Ngloram

Bandara yang berlokasi di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini diresmikan oleh Jokowi pada Desember 2021.

Anggaran pembangunannya tercatat senilai Rp80 miliar. Alih-alih bandara ramai saat ini justru tidak ada jadwal penerbangan.

Di sisi lain, maskapai Wings Air memutuskan menghentikan sementara penerbangan dari Bandara Pondok Cabe menuju menuju bandara ini per 19 Agustus 2022.

Keputusan ini dibuat hanya dua pekan sejak dibuka pada 5 Agustus 2022 karena rendahnya tingkat permintaan.

3. Bandara Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka dibangun dengan megah hingga hingga merogoh kocek APBN senilai Rp2,6 triliun dan diresmikan 24 Mei 2018.

Bandara ini memiliki luas yang terbesar di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta.

Sayangnya bandara ini berhenti melayani penerbangan reguler berjadwal pada Juli 2019 karena sepi penumpang.

Baca Juga: Lagi Mahal Nih, Harga Tiket Pesawat Solo – Jakarta Tembus Rp2 Juta

Kondisi tersebut disebabkan akses ke bandara yang tidak memadai ditambah adanya pandemi Covid-19.

Namun, Bandara Kertajati ini mulai diramaikan dengan penerbangan kargo. Selain itu juga diharapkan dapat kembali bergeliat dengan dibukanya penerbangan komersial pada November 2022.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Bandara Sepi Penumpang, Kemenhub Koordinasi Maskapai dan Pemda”

Sumber: Bisnis.com

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saksi Kunci Kasus Ferdy Sambo, AKBP Arif Rahman Arifin Sakit

      Arif Rahman hadir langsung di persidangan di Gedung TNCC Divisi Propam Polri namun tidak mengikuti sidang sampai dengan selesai karena alasan kesehatan belum stabil.

      Pengirim Paket Meledak di Aspol Sukoharjo Berstatus Saksi

      Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pria yang berinisial S itu sempat diamankan beberapa saat setelah ada ledakan di Aspol tersebut.

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.