Diresmikan! Loko Uap Kuno D1410 Siap Layani Wisatawan Solo hingga Wonogiri

Loko uap kuno D1410 yang telah direparasi akhirnya diresmikan kembali, Minggu (16/2/2020)

 Lokomotif D1410 tiba di Stasiun Solo Kota, Minggu (16/2/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Lokomotif D1410 tiba di Stasiun Solo Kota, Minggu (16/2/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota Solo dan PT Kereta Api Indonesia meresmikan Lokomotif D1410 di depan Loji Gandrung, Solo, bersamaan dengan car free day (CFD) Solo, Minggu (16/2/2020) pagi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, peresmian lokomotif uap buatan Jerman pada 1921 tersebut dihadiri Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, Kepala Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto, dan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Lokomotif D1410 yang berhenti di depan Rumah Dinas Wali Kota Solo itu pun menjadi pusat perhatian pengunjung CFD.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ajaib! Sopir Truk Tronton Terjun ke Sungai Selamat dari Maut Berkat Syahadat dan Al-Qur’an

Wakil Wali Kota Solo dan Direktur Utama PT KAI bersama wartawan mencoba menaiki lokomotif uap dan dua gerbong Djoko Kendil menuju Stasiun Kota Solo, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon. Lokomotif uap kuno berkecepatan maksimal 45 kilometer per jam itu berjalan lamban sekitar 20 kilometer per jam ke arah timur.

Lokomotif D1410 di depan Lojo Gandrung Solo, Minggu (16/2/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Achmad Purnomo mengatakan, hibah lokomotif kuno tersebut melengkapi koleksi kereta uap yang dikelola Pemkot Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara. Ia berharap lokomotif tersebut dapat meningkatkan daya tarik wisatawan ke Solo.

"Rutenya untuk melayani perjalanan di area Solo, Sukoharjo, hingga Wonogiri. Kami rumuskan rutenya nanti tergantung permintaan," ujarnya.

Ketum PSSI Pengin Stadion Manahan Solo Jadi Venue Piala Dunia 2021

Sementara itu, Kepala Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto, menjelaskan, lokomotif D1410 merupakan satu-satunya tipe D14 di Indonesia. Sepanjang sejarah terdapat 23 lokomotif D14 yang diproduksi di Jerman untuk seri 1-14. Sementara lokomotif D14 seri 13-23 dibuat di Belanda.

"D1410 berusaha direstorasi Balai Yasa Yogyakarta selama Februari hingga November 2019 oleh mekanik yang berdinas maupun yang purna tugas. Lokomotif melakukan perjalanan secara normal dari Stasiun Lempuyangan hingga Stasiun Purwosari,” terangnya.

Dipakai untuk Ritual Pesugihan, Ayam Cemani Dihargai Belasan Juta Rupiah

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Desain lokomotif tersebut cocok dioperasikan di jalur pegunungan maupun lokal. Lintasan utama lokomotif berbahan bakar batu bara ini adalah jalur Bogor-Sukabumi.

D14 adalah tipe lokomotif bersistem superheated terkenal di jalur pegunungan untuk kereta api kelas campuran. Terkadang, lokomotif bertipe gender 2-8-2T ini juga melayani kereta langsir. Lokomotif D1410 sebelumnya menjadi koleksi di Museum Transportasi TMII, Jakarta. Pada 2016 lalu, Jokowi yang menjabat sebagai Wali Kota Solo memintanya dikirimkan ke Solo untuk difungsikan sebagai kereta wisata.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Nama delapan calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen mendadak hilang dari daftar PPDB 2022 sekolah tersebut. Diduga ada orang yang membatalkan pendaftaran delapan siswa tersebut.

Tragis! Anak Semata Wayang Korban Pantai Drini Sebentar Lagi Menikah

Putra semata wayang wisatawan asal Grogol, Sukoharjo, yang menjadi korban terseret ombak di Pantai Drini, Gunungkidul, berencana menikah akhir bulan ini.

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Boyolali jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.