Diresmikan, Gemolong Edupark Siap Jadi Primadona Warga Sragen

 Pemandangan salah satu sudut Gemolong Edupark yang dibangun dengan dana Rp4,6 miliar dari APBN pada 2015, Kamis (20/10/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Pemandangan salah satu sudut Gemolong Edupark yang dibangun dengan dana Rp4,6 miliar dari APBN pada 2015, Kamis (20/10/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Gemolong Edupark dikonsep sebagai sarana edukasi bagi pelajar dan masyarakat Sragen.

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meresmikan Gemolong Edupark, Kamis (20/10/2016).

Peresmian Gemolong Edupark ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sragen. Peresmian taman itu dimeriahkan dengan beberapa kegiatan seperti lomba merawat taman yang diikuti 21 kelompok siswa, lomba melukis tong sampah, lomba produk UMKM, pertunjukan seni klenengan oleh pelajar, pertunjukan tari dan lain sebagainya.

“Kami berharap ke depan taman ini dijadikan basecamp anak-anak pencinta alam. Mereka bisa menggelar berbagai kegiatan di sini. Itu adalah salah satu cara untuk menghindari penyalahgunaan taman sebagai tempat mabuk-mabukan, berjudi hingga pacaran,” jelas Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH)  Gemolong, Triyono Budi Santoso, dalam acara tersebut.

Pengelolaan Gemolong Edupark melibatkan masyarakat sekitar yang tergabung dalam Paguyuban Wong Seneng Alam (Salam). Paguyuban ini merupakan bagian dari FKH Gemolong.

“Yang lebih efektif untuk mengawasi taman itu ya warga sekitar. Pengawasan taman itu tidak bisa mengandalkan Satpol PP. Paling banter petugas Satpol PP bisa datang setiap satu jam sekali. Tapi, setelah itu mereka bisa datang lagi jika pengawasan kendur,” jelas Bupati Yuni.

Yuni berharap Gemolong Edupark akan menjadi primadona baru warga Sragen, khususnya warga Gemolong. Gemolong Edupark merupakan satu dari tiga taman besar yang dimiliki Pemkab Sragen. Dua taman lainnya adalah Krido Anggo dan Taman Ganesha di kompleks Technopark Sragen.

“Ini adalah taman kebanggaan wong Sragen. Primadona baru bagi wong Sragen, khususnya Gemolong. Jadi, mari bersama-sama mengawasi taman ini supaya tidak ada image negatif yang menyertai taman ini,” papar Bupati.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Bioskop di Solo Kembali Beroperasi, Pengunjung Masih Minim Terkendala Syarat Masuk

Syarat pengunjung bioskop harus sudah vaksinasi dua dosis dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Guru Besar IPB Sebut Sapi Bisa Memicu Pemanasan Global, Kok?

Sapi dianggap bisa berdampak pada terjadinya pemanasan global akibat gas metana yang hewan ini keluarkan saat bersendawa.

Relawan Kawan Sandi Mulai Bergerak, Dukung Sandiaga Uno Nyapres

Relawan Kawan Sandi dideklarasikan kemarin, Kamis (16/9/2021) sejatinya untuk memperjuangkan nasib rakyat kecil di tengah pandemi.

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Terus Dikebut, 436 Bidang di Seyegan Bakal Diratakan

PT Jasamarga Jogja Bawen masih bermusyawarah degan warga Seyegan, Sleman terkait pembebasan lahan untuk Tol Jogja-Bawen

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Bukan Hanya Solo, Kota-Kota di Dunia Ini Juga Punya Alun-alun Loh!

Melihat keindahannya, alun-alun di sejumlah kota di dunia ini biasanya juga menjadi destinasi wisata.

Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Menjelang Hari Batik Nasional, Pisalin bekerja sama dengan Joli Jolan mengadakan aksi solidaritas  Pisalin Joli Jolan Batik Lawas.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya!

Dahulu memiliki luas hingga 81 ha, istana konglomerat Asia Tenggara di Semarang kini berubah jadi perkantoran. Kira-kira di mana lokasinya?

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Closing Ceremony of 2nd AP IEOM 2021: IEOM Society Awards Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret was successful as host of the Second Asia Pacific Conference on Industrial Engineering and Operations Management (2nd APIEOM), September 13-16, 2021.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.