Diresmikan 17 November, Utusan Presiden UEA Cek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Utusan dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dalam waktu dekat akan datang mengecek progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, sebelum diresmikan 17 November nanti.

 Kondisi proyek pembangunan masjid raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kondisi proyek pembangunan masjid raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, yang merupakan replikasi masjid dengan nama sama di Uni Emirat Arab (UEA) bakal diresmikan pada November mendatang.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan utusan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau yang lebih dikenal dengan singkatan MBZ akan datang untuk mengecek progres pembangunan masjid dalam waktu dekat.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Masjid Gilingan, ada utusan Yang Mulia MBZ untuk mengecek progresnya. Ketoke on time [progres pembangunan], ditunggu wae ya,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di Balai Kota Solo, Rabu (5/10/2022) .

Sebelumnya, Gibran mengatakan masjid hibah dari MBZ saat masih menjadi putra mahkota UEA untuk Presiden Jokowi itu akan diresmikan penggunaannya pada 17 November 2022.

Gibran memastikan replika Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, itu akan rampung tepat waktu. Rencananya Presiden MBZ sendiri yang akan meresmikan ikon baru wisata religi Kota Solo itu.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Sebut Pembangunan Replika Masjid Raya Sheikh Zayed Rampung

“Akan diresmikan langsung oleh Yang Mulai MBZ setelah dari G20 [Konferensi Tingkat Tinggi/KTT G20].  Beliau Yang Mulia meresmikan langsung masjid di Gilingan,” papar Gibran.

Di sisi lain, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut pengelolaan replika Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, akan diserahkan kepada Kementerian Agama sesuai arahan Presiden Jokowi.

Rapat Peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo

“Ini sudah kami pikirkan bersamaan dengan tata kelola masjid. Waktu saya dipanggil Presiden dan beliau menanyakan soal pengelolaan masjid Sheikh Zayed. Kami meminta pengelolaannya di Kementerian Agama agar secara ideologi lebih terjaga,” kata Yaqut melalui laman resmi Kemenag, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Pembangunan Capai 70%, Ini Penampakan Luar Megahnya Masjid Sheikh Zayed di Solo

Pada waktu itu, Menteri Agama menggelar rapat bersama Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA), Husin Bagis. Rapat secara daring tersebut membahas rencana persiapan peresmian masjid, pembangunan Islamic Center Solo, dan pengiriman imam masjid Indonesia ke UEA.

Dia menjelaskan Presiden menyetujui pengelolaan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, oleh Kemenag dan Presiden meminta apabila disetujui Islamic Center Solo menjadi penunjang kegiatan di masjid. Sudah ada draf kerja sama dan Yaqut mengatakan segera melapor kepada Presiden Jokowi.

Dikutip dari laman yang sama, Husin menambahkan UEA berencana menanggung seluruh biaya pembangunan Islamic Center Solo yang akan menjadi penopang kegiatan Masjid Syeikh Zayed.

Baca Juga: Dikunjungi Perwakilan UEA, Begini Penampakan Masjid Sheikh Zayed Solo

Ia berharap Kemenag segera menyiapkan draf kerja sama pembangunan Islamic Center tersebut. Menurut Husin, draf kerja sama antara Indonesia dan UEA tersebut nantinya dibahas saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022.

“Dari UEA sudah oke mereka yang akan membiayai pembangunan Islamic Center Solo, tinggal kami siapkan draf kerja samanya,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).

      Siaran TV Analog Off di Perbatasan Wonogiri, Warga Kebingungan

      Sebagian warga Wonogiri di daerah perbatasan menggunakan TV analog. Mereka mendapat sinyal ultra high frequency (UHF) karena tempat tinggalnya berdekatan dengan kabupaten/kota lain.

      Sukarelawan Desa di Karanganyar Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024

      Ganjar dinilai banyak membantu masyarakat desa. Terutama dalam membantu pembangunan infrastruktur di desa. Sosoknya yang humble dan ramah juga menjadi pilihan warga memberi dukungan tersebut.