SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jember (Solopos.com)— Kondisi balita 3,5 tahun yang tubuhnya melepuh, Nafas Ilafi Ilahiyat Sejati yang dirawat di RSU Dr Soebandi Jember selama dua pekan, setelah dirujuk dari RSUD Abdul Rahem Situbondo, terus membaik.

Didampingi ibunya, Ayu Dian Purnama, pasien sedikit bisa tersenyum meski mukosa mulutnya belum sempurna dan masih dibantu sondhe atau selang yang menuju ke lambung untuk minum susu atau makan. “Kondisi pasien hingga hari ini terus membaik dibanding kondisi sebelumnya saat dia baru dirujuk dari Situbondo,” ujar Humas RSUD Dr Soebandi Jember, dr Evi Justina di ruangannya, Kamis (16/6/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diagnosa dokter yang menangani sebelumnya tidak ada yang salah, selain antibiotik yang diberikan, juga obat untuk pereda batuk dan pilek. “Tidak ada diagnosa yang salah oleh dokter di Situbondo, namun ada salah satu obat yang memiliki reaksi lebih pada tubuh pasien sehingga menimbulkan Steven Johnson Syndrom ini,” tambahnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Nafas memiliki kecenderungan alergi hingga sekujur tubuhnya melepuh dan mengelupas karena banyaknya obat yang dikonsumsi pasien saat menjalani pengobatan. Hingga kini, tim medis RSU Dr Soebandi Jember terus memberi obat untuk menurunkan alergi disesuaikan dengan uji laboratorium kondisi pasien.

Meski begitu tubuh pasien hingga kini masih demam dan tubuhnya lemah. Sementara kulit tubuh yang sebelumnya melepuh kini berangsur angsur mengering. Namun pihak dokter belum memperbolehkan pulang karena bagian mulut pasien belum bisa menerima asupan makanan dan minuman.

Pasien akan diberi alat bantu sondhe untuk memasukkan susu. Kondisi ini terus dilakukan hingga mulutnya kembali sempurna dan bisa menerima makanan dan minuman layaknya anak normal seusianya.

“Sudah mulai membaik namun mukosa pasien masih belum sempurna sehingga memerlukan waktu untuk kesembuhan pasien dari situbondo ini,” tambah dokter spesialis anak, dr Ahmad Nuri di ruang poli anak.

Pihaknya mengaku butuh waktu sekitar 1-2 pekan lagi agar pasien menjalani pengobatan sampai kondisinya pulih kembali. Dia pun menyarankan kepada orangtuanya untuk selalu memberitahu dokter jika Nafas memiliki riwayat alergi obat.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya