SOLOPOS.COM - Sport tourism di Batang. (Instagram/@wihaji.pwh)

Solopos.com, BATANG — Bupati Batang, Wihaji, belakangan hari ini tengah getol mempromosikan sport tourism di kabupaten yang ia pimpin. Namun, tak banyak yang mengetahui apa itu sport tourism.

Karena sebagian orang tak mengetahui arti sport tourism. Wihaji mengunggah penjelasan tentang sport tourism di akun Instagramnya @wihaji.pwh, lengkap dengan objek wisata di Kabupaten Batang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia memperkenalkan beberapa objek wisata olahraga yang berlokasi di kawasan Batang. Objek wisata itu antara lain paralayang di Bukit Sikuping, jet ski dan banana boat, jeep tour di Bawang, river tubing, lomba dayung tradisional, dan rafting atau arung jeram di Kaliboyo.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ini 9 Wisata Ciamik di Ngawi, Ada Pesona Alam dan Kerajinan Kayu Jati

Dalam poster yang diunggah orang nomor wahid di Kabupaten Batang tersebut, tertulis pengertian apa itu sport tourism. Berdasarkan tulisan yang terbubuh di poster tersebut, sport tourism ialah olahraga yang digabungkan dengan menjelajahi destinasi wisata.

Olahraga ini memiliki dua jenis, yakni hard sport tourism dan soft sport tourism. Hard sport tourism merupakan acara perlombaan olahraga yang diselenggarakan reguler dan jenis olahraganya dilombakan di ajang-ajang besar seperti World Cup, Asian Games, Sea Games, dan lainnya.

 

Sedangkan soft sport tourism ialah pariwisata olahraga yang berkaitan dengan unsur gaya hidup seperti bersepeda, selancar, rafting, lari, dan lainnya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Gunung Merapi dari Petilasan Bukit Cilenguk Selo

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, President Indonesia Marketing Association/IMA Chapter Solo dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Solo, Retno Wulandari, pernah menjelaskan apa itu hard sport tourism dan soft sport tourism.

Menurutnya, hard sport tourism ialah kegiatan olahraga yang sudah dijadwalkan. Sementara soft sport tourism merupakan olahraga yang dapat dilakukan di luar agenda seperti jalan atau bersepeda santai ke destinasi wisata.

Dapat disimpulkan, sport tourism adalah kegiatan berolahraga yang dipadukan dengan berwisata dan terbagi menjadi dua jenis yang sudah dijelaskan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya