SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengungkap vaksin buatan Indonesia akan diproduksi massal dan diprediksi akan tersedia tahun depan.

Pasien Positif Covid-19 Asal Nguter Sukoharjo Jadi Volunteer Penelitian Plasma dan Vaksin

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemeterian Riset dan Teknologi Prof Ali Gufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021,” tutur dr Reisa lewat siaran BNPB, Selasa (7/7/2020).

Vaksin buatan Indonesia juga disebut bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan. Hal ini membuktikan seluruh dunia saling bahu membahu untuk menunjukkan kekompakan melawan virus Corona.

Ekspedisi Mudik 2024

Dokter Reisa: Vaksin Corona Indonesia Siap Tahun Depan

Disebutkan oleh dr Reisa, dari 15 tahap yang harus dipenuhi, saat ini calon vaksin Corona buatan Indonesia telah berhasil melewati 8 tahapan awal.

Sekitar 7 langkah berikutnya sedang dilakukan di mana prosesnya membutuhkan waktu lebih lama. “Kita patut optimis bahwa Indonesia bisa menghasilkan vaksin Covid-19 dalam waktu secepatnya,” pungkas dr Reisa.

Cek Fakta: 1.000 Santri Kudus Tak Sadarkan Diri Usai Rapid Test dengan RS Swasta dari China

Untuk Kelompok Rentan

Selain itu, dr Reisa juga menyebut terdapat kelompok rentan yang akan diprioritaskan pemberiannya jika riset vaksin Corona sudah rampung dilakukan.

“Vaksinasi akan diutamakan diberikan kepada populasi berisiko, yaitu kaum lanjut usia, mereka punya penyakit penyerta atau komorbid. Mereka memerlukan perlindungan dari Covid-19,” tutur dr Reisa, Selasa (7/7/2020). “Saudara kita yang masuk populasi ini memerlukan sekali vaksin Covid-19,” sambungnya.

Seruan WHO: Vaksin Virus Corona Harus Menjangkau Semua Orang

Indonesia juga telah setuju untuk melakukan upaya bersama dalam produksi vaksin untuk melindungi bangsa dan penduduk dunia lainnya. Namun hal yang perlu diingat, sebelum vaksin corona tersedia kita tetap wajib untuk melindungi diri dan sekitar dari virus Corona Covid-19.

Caranya adalah dengan selalu menjaga jarak aman 1-2 meter, pakai masker dengan benar, dan cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya