Ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso, mengapresiasi keinginan Partai Amanat Nasional (PAN) meminang dirinya pada Pilkada Sukoharjo 2020.

Kendati demikian, Wiwaha menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menentukan apakah dia maju lewat jalur independen atau partai politik (parpol).

Sebelumnya pengurus PDM Sukoharjo telah memberi restu kepada Wiwaha untuk ikut kontestasi pilkada tahun depan. Hal ini sesuai hasil rapat kerja daerah (Rakerda) PDM Sukoharjo yang mendorong kader potensial Muhammadiyah agar maju sebagai kandidat pada Pilkada Sukoharjo.

“Saya mengapresiasi arah politik PAN Sukoharjo. Yang jelas, saya siap maju dan dicalonkan sebagai kandidat pada Pilkada Sukoharjo,” kata Wiwaha, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (5/10/2019).

Baca juga: PAN Resmi Pinang Ketua PDM Sukoharjo Untuk Pilkada 2020

Wiwaha menegaskan niatnya maju sebagai cabup atau cawabup lantaran dorongan umat Islam dan masyarakat akar rumput atau grassroot. Mereka meminta agar dirinya ikut kontestasi politik di Sukoharjo tahun depan.

Saking kuatnya dorongan masyarakat, mereka bergerilya di setiap kecamatan untuk mengumpulkan bukti dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat utama maju via jalur independen.

Kini, para sukarelawan yang tergabung dalam Sahabat Wiwaha telah mengumpulkan ribuan fotokopi KTP. Dukungan masyarakat untuk maju lewat jalur independen maupun parpol sama-sama kuat.

"Dukungan partai juga representasi keinginan masyarakat lewat kendaraan politik. Biarkan umat dan masyarakat yang menentukan maju lewat jalur independen atau parpol,” ujar dia.

Baca juga: Masyarakat Butuh Figur Baru Cabup-Cawabup untuk Pilkada Sukoharjo 2020

Selain PAN, pengurus Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PDM Sukoharjo pernah diundang pengurus DPD PKS Sukoharjo pada beberapa waktu lalu. Hal itu bagian dari penjajakan dan penjaringan cabup dan cawabup yang akan diusung PKS pada Pilkada Sukoharjo.

Wiwaha berkomitmen mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap pembangunan demokrasi di Sukoharjo. Hal ini untuk menciptakan pemilu berkualitas dan fairplay.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten