PPKM Diperpanjang Lagi, Ini 6 Aktivitas Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pemerintah memperpanjang aturan pembatasan Jawa bali, yang kini dikenal dengan sebutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun ada beberapa aktivitas produktif yang bisa dilakukan.

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah memperpanjang aturan pembatasan Jawa bali, yang kini dikenal dengan sebutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini dikarenakan kasus Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya.

Selain itu, banyak warga yang menganggap remeh protokol setelah adanya vaksin, juga ikut menjadi faktor bertambahnya kasus Covid-19.

Tak bisa dimungkiri, kegiatan ini bisa memengaruhi keadaan psikologis banyak orang. Mulai dari rasa bosan, panik, cemas, hingga merasa kontraproduktif. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah walau ada keterbatasan waktu dan energi.

Ada beberapa aktivitas produktif yang bisa dilakukan dalam situasi ini, seperti yang dilansir dari okezone.com dan sumber lain belum lama ini.

Baca Juga: Segar Dan Nikmat, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Yoga atau Olahraga Dalam Ruangan

Yoga atau olahraga dalam ruangan sangat bermanfaat pada momen ini. Selain tidak memakan banyak tempat, yoga dapat membantu pikiran dan jiwa kita untuk tetap tenang sementara kebugaran tubuh terjaga.

Selain itu, olahraga ringan seperti senam atau stretching bisa dilakukan dirumah untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa, untuk berjemur selama 5-10 menit di jam 10 pagi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menata Ulang Letak Perabotan Rumah

Menata ulang rumah menjadi opsi yang tepat selama kalian di rumah. Selain membuat suasana baru di rumah, kalian juga akan sekalian membersihkan setiap sudut rumah agar terhindar dari penyakit.

Seni merapikan barang-barang di rumah juga dipercaya bisa mendatangkan kebaikan bagi pemiliknya. Proses menata ulang juga biasanya lebih menyenangkan dibanding membersihkan rumah yang terasa menjemukan. Selain itu, kalian dapat kembali menyegarkan pikiran dengan pemandangan baru di rumah.

Baca Juga: Inilah Deva Rachman Istri Syekh Ali Jaber Yang Dijuluki Khadijah

Memasak Makanan

Selain cenderung lebih murah dan minim kontaminasi, memasak makanan sendiri juga lebih sehat karena kalian dapat mengontrol sendiri bahan dan porsi makanan yang disiapkan. Kalian juga bisa mencoba beberapa resep yang selalu ingin kalian coba di rumah.

Jika kalian memiliki anak, libatkan mereka juga agar kalian juga punya quality time dan berbagi tanggung jawab. Selain itu, anak-anak juga dapat mengeksplorasi aneka rasa dan bahan makanan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sehingga, mereka bisa belajar untuk lebih menghargai dan tidak pilih-pilih makanan.

Mencoba Hobi Baru

Banyak ide baru yang kalian coba selama kalian di rumah, seperti berkebun, merajut, Melukis, dan masih banyak lagi. Sekarang adalah saat yang tepat untuk melepas penat lewat aktivitas reproduktif seperti menjalani atau memulai hobi sederhana.

Tak hanya menambah minat baru, kalian juga akan mendapatkan berbagai manfaat. Misalnya, berkebun yang dapat mempercantik dan menambah keasrian rumah.

Baca Juga: Pakai Narkoba Jenis Baru, Selebgram Syiva Angel Ditangkap

Menyelesaikan Apa yang Selalu Kalian Tunda

Sudah saatnya, mengakui banyak hal yang belum kalian lakukan selama bekerja di kantor seperti membaca buku. Sekarang adalah saat yang tepat untuk produktif dengan menyelesaikan sebuah buku.

Namun, jika kalian bukan seorang penggemar buku, kalian juga bisa menonton film atau melanjutkan drama yang sebelumnya pernah ditonton.

Meluangkan Waktu Bersama anak

Banyak waktu yang berkualitas untuk anak hilang selama bekerja di kantor. Oleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat, untuk bersama-sama bermain dengan anak. Namun tetap ingat , untuk mensterilkan apa saja yang sebelum atau sesudah disentuh anak.

Berita Terbaru

Jangan Asal Buang Limbah Maskermu, Ini Dampaknya

Solopos.com, SOLO-- Penggunaan masker medis oleh masyarakat umum melonjak selama pandemi Covid-19. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta misalnya...

Meski Pandemi, Jangan Tunda Pengobatan Kanker Pada Anak

Solopos.com, SOLO--Apabila seorang anak dengan kanker terinfeksi Covid-19, ia harus menunda terlebih dahulu terapi kankernya untuk mengobati Covid-19. Padahal,...

Bisa Serang Siapa Pun, Begini Cara Mengatasi Burnout

Solopos.com, SOLO--Kelelahan kronis atau burnout bisa melanda siapapun. Pandemi berkepanjangan memicu terjadi burnout baik terhadap tenaga kesehatan maupun masyarakat...

Tetap Aman Menyusui Meski Ibu Positif Covid-19

Solopos.com, SOLO -- Banyak pertanyaan mengenai bolehkah ibu tetap menyusui bayinya meski positif Covid-19? Perlu diketahui, hingga saat ini...

Begini Cara Hilangkan Efek Samping Vaksin Covid-19

Solopos.com, JAKARTA — Ada beberapa efek yang timbul setelah mendapatkan vaksin virus corona penangkal Covid-19. Harus diketahui bahwa gejala...

Hoaks Belimbing Wuluh Bisa Obati Covid-19, Ini Faktanya

Solopos.com, SOLO--Sebuah video beredar di Facebook menyebutkan belimbing wuluh bisa dipakai untuk mencegah sekaligus mengobati Covid-19. Padahal, hingga kini...

Pasien Kanker Bisa Divaksin Covid-19, Asal…

Solopos.com, SOLO--Penyakit kanker menjadi pembunuh nomor dua di dunia setelah penyakit kardiovaskular. Data dari Our World in Data, pada...

Cara Merawat Pasien Covid-19 di Rumah, Biar Aman dan Tenang!

Solopos.com, SOLO -- Di bawah ini ada cara merawat pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sebagaimana...

Parosmia, Gejala Covid-19 Bikin Penderitanya Cium Bau Busuk

Solopos.com, SOLO – Gangguan penciuman yang disebut dengan istilah parosmia menjadi salah satu gejala baru yang dialami penderita Covid-19....

Sudah Pakai Masker Masih Terkena Covid-19? Mungkin Ini Penyebabnya

Solopos.com, SOLO -- Banyak yang mengeluhkan sudah pakai masker tapi masih tetap terkena Covid-19, kira-kira apa penyebabnya? Ketua Satgas...