SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyakit kanker (freepik)

Solopos.com, SOLO – Pada hari ini, Minggu, 4 Februari 2024, terdapat peristiwa bersejarah yang diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia.

Di tanggal 4 Februari setiap tahunnya, masyarakat seluruh dunia memperingati Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini berlangsung sejak tahun 2000 dengan tujuan menyebarkan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Melansir laman resmi World Cancer Day, pada tahun ini, Hari Kanker Sedunia mengambil tema Close the Care Gap atau Tutup Kesenjangan Perawatan. Tujuan dari tema tersebut untuk memberikan perhatian khusus kepada pemerintah agar mendengar lebih jauh soal permasalahn kanker yang terus terjadi muncul hingga saat ini.

Mengutip sejarah Hari Kanker Sedunia di laman resmi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DP3A Kota Semarang), Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2000.

UICC merupakan organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang berdedikasi untuk memimpin dalam menyelenggarakan, membangun kapasitas dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global, mempromosikan keadilan yang lebih besar, dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia.

Hari Kanker Sedunia dimulai pada tahun 2000 pada KTT Dunia Melawan Kanker pertama yang diadakan di Paris. Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker, sebuah dokumen berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen kerja sama global untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan melanjutkan investasi dalam dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker.

Pasal X piagam tersebut secara resmi mendeklarasikan tanggal 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia “sehingga setiap tahun, Piagam Paris akan selalu diingat di hati dan pikiran orang-orang di seluruh dunia.”

Sejalan dengan sejarahnya, tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020. Hari Kanker Sedunia memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran, edukasi penyakit kanker dan mengurangi stigma negatif mengenai penyakit kanker.

Berbagai inisiatif yang dijalankan pada Hari Kanker Sedunia untuk menunjukkan dukungan kepada orang-orang yang menderita kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya