SOLOPOS.COM - Pengguna membuka aplikasi KAI Access, Selasa (7/1/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket kereta api via KAI Access menjadi hanya tiga hari kerja sejak pengajukan pembatalan.

Sebelumnya, jika penumpang melakukan pembatalan melalui KAI Access, KAI akan mengembalikan 100% uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat setelah 45 hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan PT KAI resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh hingga 31 Mei 2020.

Rapid Test Positif, 12 Tenaga Medis RSUD Karanganyar Dinyatakan Negatif Covid-19 Lewat Uji Swab

Terkait itu, PT KAI memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang kereta api yang akan mengajukan pembatalan tiket mudik perjalanan yang sudah dibeli.

“Kami mengimbau masyarakat yang ingin membatalkan tiket menggunakan aplikasi KAI Access. Hal ini guna mendukung physical distancing dan mempermudah proses pembatalan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Eko menjelaskan ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan tiket mulai 30 April sampai dengan 4 Juni 2020 untuk keberangkatan KA 14 Mei-4 Juni 2020.

Mudik ke Purwodadi, Bus Berisi 23 Buruh dari Bali Lolos Sampai Sragen

Ia menambahkan layanan ini diberikan bagi pelanggan agar beralih ke pembatalan tiket kereta api secara online daripada harus ke stasiun.

Update Aplikasi

Demi mengakses kemudahan ini, penumpang diharuskan mengunduh atau update aplikasi KAI Access versi terbaru.

Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket.

Pencurian Tabung Elpiji di Laweyan Solo Terekam CCTV, Pelakunya Pria dan Anak Perempuan

Pada menu pembatalan tiket kereta api, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket.

Dia berharap dengan kebijakan mempercepat rentang waktu pengembalian uang pembatalan tiket ini dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket.

Selain itu, layanan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat.

Ganjar Usul Penghasilan PNS Dipotong 50% Selama Pandemi Covid-19

Di sisi lain, hingga Senin (27/4/2020) sudah ada sekitar 42.000 tiket perjalanan KA yang dibatalkan.

“Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya. Hal ini guna mencegah persebaran Covid-19 pada masa mudik angkutan Lebaran 2020,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya