Kategori: Nasional

Dipercepat, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid-19 Kelar Desember 2021


Solopos.com/Maria Elena- bisnis.com

Solopos.com, JAKARTA -- Program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air ditargetkan selesai pada Desember 2021, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Webinar Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 bertajuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Selasa (26/1/2021), menyampaikan program vaksinasi tahap pertama kepada 1,3 juta tenaga kesehatan telah berjalan.

Selanjutnya, ungkap dia, fasilitas vaksin Covid-19 akan diberikan kepada petugas publik sebanyak 17,4 juta orang.

Baca juga: Tensi Melonjak, Wali Kota Yuliyanto Gagal Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19 di Salatiga

Airlangga menambahkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, vaksinasi kepada 77,4 juta masyarakat yang direncanakan akan dilakukan pada Januari hingga Maret 2022 akan dipercepat pada Desember tahun ini.

“Presiden minta ini akan diselesaikan di Desember sehingga ada percepatan 77 juta masyarakat yang rencana di Januari-Maret tahun depan ditarik ke depan,” katanya.

Disiplin Protokol Kesehatan

Sementara itu, hingga 25 Januari 2021 sebanyak 179.000 masyarakat Indonesai telah divaksin, dari total 1,48 juta dosis vaksin yang telah terdistribusi.

Lebih lanjut, Airlangga mengharapkan program vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan sesuai dengan target pemerintah dan selesai pada Desember 2021.

Baca juga: Sudah Divaksin Covid-19, Begini Harapan Kapolres Klaten

Dia juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi dan displin menjalankan protokol kesehatan meski program vaksinasi sudah berlangsung, untuk menahan laju penyebaran Covid-19.

Untuk mendukung percepatan program vaksinasi dan penanganan Covid-19, Airlangga menambahkan protokol kesehatan masih harus tetap dijalankan secara disiplin.

“Testing, tracing, dan treatment harus tetap dijalankan, diikuti ketersediaan obat dan SOP protokol yang baik yang diberlakukan secara baik,” tuturnya.

Baca juga: Satgas Ajak Masyarakat Perangi Hoaks Vaksin Covid, Ini Cara Mengeceknya

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati