Tutup Iklan

Dipercaya Berkhasiat, Air Hijau Bak Sirup Muncul di Masjid Pekalongan

Air berwarna hijau berasal dari sumur tua yang berada di bawah Masjid Al Mubarok, Pekalongan.

Dipercaya Berkhasiat, Air Hijau Bak Sirup Muncul di Masjid Pekalongan

SOLOPOS.COM - Air berwarna hijau muncul di Pekalongan (Detik.com).

Solopos.com, KAJEN — Masyarakat Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), dibuat geger oleh munculnya air berwarna hijau seperti sirup di Masjid Al Mubarok, Pekanyaran, Galangpengampon, Wonogpringo, Pekalongan.

Pengurus Masjid Al Mubarok, Muhammad Rofii, mengatakan air berwarna hijau tersebut berasal dari sumur tua yang berada di bawah masjid.

Jokowi: Hei Penimbun Masker, Siap-Siap Ditindak Tegas

“Dari sumur tua. Sumur tua ini berumur lebih dari ratusan tahun. Simbah saya pernah cerita, sumur saat ini berada di bawahnya lantai situ [teras masjid]” beber Rofii kepada Detik.com, Selasa (3/3/2020).

Menurut pengakuannya, fenomena air berwarna hijau tersebut kali pertama muncul pada Sabtu (29/2/2020). Semenjak itu, masyarakat Pekalongan berduyun-duyun mengunjungi Masjid Al Barokah. Masyarakat percaya air hijau tersebut memiliki khasiat khusus.

Masker Langka di Sukoharjo, Distributor Setop Kirim Sejak Januari 2020

“Ramai pas malam Minggu itu. Banyak yang mengambil pakai bekas botol air minum. Ada yang langsung diminum juga. Katanya untuk tamba [obat],” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolsek Wonopringgo Iptu Ahmad Fauzi mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kandungan air berwarna hijau tersebut.

“Ya kami ambil sampel airnya, guna penyelidikan lebih lanjut,” kata Ahmad Fauzi.

Dihimpun dari berbagai sumber, warna pada air dipengaruhi oleh partikel hasil pembusukan bahan organik, besi, dan mangan, plankton, humus, limbah pabrik, maupun tanaman air.

Bisa Berkarat, Begini Cara Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanik

Biasanya air berwarna hijau kerap muncul di daerah yang memiliki tekstur tanah berkapur. Selain itu, air berwarna hijau juga bisa disebabkan oleh adanya lumpur yang diendapkan dekat pantai yang memantulkan warna hijau.

Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi mengenai kandungan air berwarna hijau di Masjid Al Mubarok itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.