SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Mts Negeri 15 Boyolali yang terletak di wilayah RT 004/ RW 008, Desa Dibal, Ngemplak, Boyolali, bakal dipindah ke wilayah RW 005 di desa yang sama.

Lokasi baru terletak di sisi utara tol Solo-Kertosono (Soker) atau sekitar 1,5 km dari lokasi saat ini. Sekolah tersebut di pindah karena terdampak pemasangan tiang proyek rel Kereta Api (KA) lintas Stasiun Solobalapan – Bandara Adi Soemarmo Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Senin (18/3/2019), sejumlah beton tampak telah dipasang hingga hampir menyentuh bangunan sekolah. Jaraknya kurang dari dua meter.

Pemasangan tiang beton tersebut sekaligus mempersempit akses dari lingkungan sekolah ke Jl. Raya Ngemplak-Ketitang, Kecamatan Nogosari.

Meski demikian, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah masih berjalan seperti biasa. Aktivitas pengecoran yang menimbulkan suara bising dilakukan setelah KBM selesai atau sore hari. Di sejumlah sisi bangunan sekolah, pagar dari bahan seng dipasang sebagai pembatas antara lingkungan sekolah dan kawasan proyek.

Perihal pemindahan sekolah, Kepala Desa Dibal, Budi Setyono, menyebut sudah ada tanah kas desa yang diproyeksikan menjadi tanah pengganti MTs Negeri 15 itu. “Kemarin sudah disurvei dan disepakati,” ujar Budi.

Tanah tersebut merupakan tanah kas desa. Sementara tanah yang ditempati MTsN 15 kini akan diganti rugi dengan total nilai Rp2,9 juta per meter. Tanah terdampak, imbuh Budi, diperkirakan seluas 825 meter termasuk halaman.

Pemindahan sekolah akan ditindaklanjuti setelah proses pembayaran dan kesepakatan bersama Kementerian Agama rampung. “Setelah itu akan muncul harga pengganti tanah yang baru,” imbuh dia. Terkait pembayaran itu, Budi belum mendapatkan keterangan dari pihak-pihak terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya