SOLOPOS.COM - Petugas Dishubkominfo Kota Solo mengarahkan penumpang untuk memasukkan kartu akses masuk ke terminal barat Terminal Tirtonadi. (JIBI/SOLOPOS/Binti Sholikah)

Petugas Dishubkominfo Kota Solo mengarahkan penumpang untuk memasukkan kartu akses masuk ke terminal barat Terminal Tirtonadi. (JIBI/SOLOPOS/Binti Sholikah)

Petugas Dishubkominfo Kota Solo mengarahkan penumpang untuk memasukkan kartu akses masuk ke terminal barat Terminal Tirtonadi. (JIBI/SOLOPOS/Binti Sholikah)

SOLO – Mesin boarding pass yang dipasang di pintu masuk penumpang di bagian barat Terminal Bus Tirtonadi Solo sudah pernah sekali rusak sejak dipasang April lalu. Kesalahan sistem operasi disebut sebagai penyebab kerusakan mesin pengatur akses penumpang itu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad, kepada Solopos.com. Menurutnya, jumlah kartu yang dimasukkan ke dalam mesin berpengaruh terhadap tingkat ketahanan mesin. “Sebenarnya berapa pun kartu yang dimasukkan enggak terlalu berpengaruh, tapi pengaruhnya pada tingkat panas mesin dan banyaknya gesekan kartu,” ungkapnya. Menurutnya, mesin tersebut bisa mengalami masalah jika terlalu panas dan pengaturan sistemnya kurang pas. Selain itu, tingkat sensitivitas mesin dari banyaknya gesekan juga berpengaruh terhadap daya tahan mesin tersebut.

Yosca menambahkan mesin boarding pass yang dipasang di terminal sisi barat mengalami gangguan sistem beberapa hari lalu. Hal itu disebabkan gangguan pada sistem operasi sehingga harus diperbaiki. Untuk memperbaiki mesin itu, pihaknya memanggil teknisi khusus dari Jakarta.

Terpisah, seorang petugas penjaga mesin tersebut, M Azis, mengatakan mesin diketahui rusak pada Sabtu (11/5/2013) siang dan baru selesai diperbaiki pada pukul 18.00 WIB. Menurutnya, saat rusak, mesin tersebut bisa dimasuki kartu dan tanda magnet tetap berbunyi, namun pintu tidak bisa terbuka. Hal itu menyebabkan pintu ditutup sementara hingga proses perbaikan selesai.

Berdasarkan data penggunaan mesin tersebut, diketahui setiap hari rata-rata 7.000 orang menggunakan akses masuk ke terminal penumpang barat Tirtonadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya